Kamis, Juni 24, 2021
BerandaBawaslu Kubar akan Tertibkan APK di Tempat Terlarang
Array

Bawaslu Kubar akan Tertibkan APK di Tempat Terlarang

Kutai Barat, faktapers.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Klaimantan Timur (Kaltim), mengimbau agar para timses calon anggota legislatif (Caleg) serta partai politik peserta Pemilu Serentak 2019 mentaati aturan dalam pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di tempat umum.

Ketua Bawaslu Kubar, Risma Dewi menyebut, hingga saat ini diduga masih ada spanduk dan baliho parpol dan para caleg DPR RI, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota serta calon anggota DPD RI yang dipasang pada di sejumlah titik jalan didalam Kota Sendawar, terindikasi melanggar aturan karena dipasang pada jalur hijau.

“Sepekan lalu Bawaslu bersama instansi terkait sudah melakukan penertiban terhadap APK yang dipasang pada tempat terlarang di 16 kecamatan se-Kubar. Terhadap APK yang masih dipasang pada lokasi terlarang, mekanismenya Panwaslu Kecamatan harus mengeluarkan rekomendasi dan menyampaikan kepada parpol yang bersangkutan,” jelasnya kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, Jumat (23/02/19).

Dia menambahkan, jika rekomendasi oleh Panwaslu Kecamatan tidak digubris oleh parpol tersebut, maka Bawaslu akan meneruskan rekomendasi ke KPU.

“Seharusnya KPU memberikan sanksi administrasi, dan memerintahkan untuk menertibkan APK tersebut kepada parpol. Terakhir jika memang tidak ada tanggapan, maka Bawaslu akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk penertibannya,” bebernya.

Risma Dewi menuturkan, terkait pemasangan APK yang melanggar aturan dan PKPU tersebut, Bawaslu telah berulang membuat rekomendasi, agar KPU menindaklanjutinya. Bawaslu hanya bisa berkoordinasi dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP).

“Wewenang Bawaslu tidak sampai mengeksekusi atau melepas APK tersebut. Namun saya akan perintahkan Panwascam membuat rekomendasi pelanggaran administrasi terhadap sejumlah APK yang dipasang ditempat terlarang,” tandasnya.

Pantauan langsung Harian Fakta Pers dan faktapers,id, sejumlah APK (Spanduk dan Baliho) caleg yang diduga dipasang pada tempat terlarang, diantaranya mulai dari Simpang Pelabuhan Royok, Kecamatan Sekolaq Darat, hingga ke Ibukota Kecamatan Melak. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments