Rabu, Juni 23, 2021
BerandaBerharap Bantuan Pemkab Kukar, TK Pondasi Lamin Pulut Kekurangan Fasilitas Belajar
Array

Berharap Bantuan Pemkab Kukar, TK Pondasi Lamin Pulut Kekurangan Fasilitas Belajar

Kutai Kartanegara, faktapers.id – Beginilah keberadaan TK Pondasi Lamin Pulut di Desa Lamin Pulut, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang serba terbatas dan kekurangan fasiltias belajar dan bermain anak-anak.

Nun jauh di pedalaman Kabupaten Kukar, Taman Kanak-kanak (TK) Pondasi Lamin Pulut, dengan kondisi ruang kelas (belajar) yang kurang memadai, dan serba kekurangan fasilitas permainan, bagi anak-anak TK Pondasi Lamin Pulut tidak menyurutkan semangat generasi penerus bangsa itu untuk datang belajar dan bermain setiap hari di TK tersebut.

“Ada sekitar 20 murid TK Pondasi Lamin pulut. Kondisi ruang belajar sangat minim fasilitas penunjang. Terutama meja, kursi atau bangku. Padahal itu merupakan satu-satunya sekolah TK di Kampung Lamin Pulut,” jelas Misbah (33) salah seorang warga yang berdomisili di Kampung Lamin Pulut kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, Rabu (20/2/19).

Dia mengungkapkan, keberadaan TK Pondasi Lamin Pulut sangat penting dan harapan warga sebagai pusat tempat memberikan pendidikan formal sejak dini kepada anak-anak mereka. Karena itu diharapkan agar secepatnya perhatian Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) untuk membantu fasilitas TK itu.

“Sangat diharapkan bantuan Pemkab Kukar, terutama fasilitas didalam ruang belajar serta fasilitas untuk anak-anak bermain di TK itu yang hingga saat ini memang belum ada,” ucapnya.

“Kami kadang sedih juga, meski kondisi ruangan TK tidak memiliki fasiltias penunjang belajar dan tidak ada fasiltias permainan, tetapi anak-anak itu bersemangat tinggi sekolah. Kemauan anak-anak itu sekolah karena berharap ada tempat bermain,” ujar Misbah.

Misbah membeberkan, bahwa fungsi pendidikan TK sangat penting untuk mengenalkan peraturan dan menanamkan disiplin pada anak. Kemudian mengenalkan anak dengan dunia sekitar, menumbuhkan sikap dan perilaku yang baik, mengembangkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi, mengembangkan keterampilan, kreativitas dan kemampuan yang dimiliki anak, serta menyiapkan anak untuk memasuki pendidikan dasar.

“Tujuan TK, membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik psikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai-nilai agama, sosial emosional, kognitif, bahasa, fisik/motorik, kemandirian dan seni untuk siap memasuki pendidikan dasar,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Harian Fakta Pers dan faktapers.id belum berhasil melakukan konfirmasi kepada Dinas Pendidikan Kukar. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments