Senin, Juni 21, 2021
BerandaBPJS Kesehatan Jakbar Lakukan Kordinasi Dengan Pihak Kelurahan Palmerah
Array

BPJS Kesehatan Jakbar Lakukan Kordinasi Dengan Pihak Kelurahan Palmerah

Jakarta, faktapers.id – Kader Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang merupakan mitra kerja BPJS Kesehatan membutuhkan dukungan dari segala pihak untuk dapat menjalankan tugas dan kewajibannya, salah satunya adalah dukungan dari Pemerintah Daerah Kelurahan tempat domisili warga binaannya. 

Oleh karena itu, BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat melakukan koordinasi dengan Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Palmerah. 

“Kader JKN merupakan mitra kerja kami yang menjadi kepanjangan tangan kami di masyarakat. Kader JKN membantu BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kolektabilitas iuran dan mempercepat jumlah kepesertaan BPJS Kesehatan dalam mencapai Universal Health Coverage (UHC),” ujar Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, Diah Sofiawati.

Diah menjelaskan, pentingnya peran Kader JKN yang harus didukung oleh banyak pihak karena pada dasarnya Kader JKN memberikan kemudahan pendaftaran maupun pembayaran tunggakan iuran peserta. Kader mewakili BPJS Kesehatan untuk memberikan tagihan iuran dan informasi langsung kepada peserta. Jadi, akan lebih baik jika Kader juga dikenal oleh Pihak Kelurahan dan Ketua RT di wilayah binaan kader. 

“Oleh karena itu kami mencoba untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah untuk dapat melancarkan kader dalam menjalankan tugas dan kewajibannya. Jika mereka didukung, maka mereka akan maksimal dalam mendekatkan diri dengan masyarakat,” lanjut Diah.

Kelurahan Palmerah merupakan salah satu kelurahan yang didatangi oleh Tim BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat hari ini. Selama ini Kelurahan Palmerah memberikan dukungan positif bagi Program JKN-KIS, salah satu contohnya adalah pemberian tempat dan waktu untuk penyelenggaraan Mobile Customer Service (MCS).

“Selama Kader JKN datang ke rumah warga wilayah Kelurahan Palmerah dengan membawa surat tugas, maka masyarakat juga akan percaya. Kalau bisa kader dapat menemui saya terlebih dahulu,” kata Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat, Hikmah Tusyachro pada saat ditemui untuk koordinasi mengenai Kader JKN wilayah Kelurahan Palmerah. 

Eka, sapaan akrab Hikmah Tusyachro menjelaskan, kepada Tim BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat akan menyampaikan perihal Kader JKN  jika nanti kelurahan mengadakan pertemuan dengan ketua RT di lingkungan Kelurahan Palmerah. 

“Jadi, nanti Kader dapat di dampingi oleh Ketua RT karena mereka lebih mengetahui warga mereka. Mereka paling tahu siapa saja yang pindah dari wilayah tersebut dan siapa saja yang baru masuk. Selain itu juga mereka lebih tahu posisi rumah warga yang dituju,” jelas Eka menanggapi permohonan dukungan BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat. inda

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments