Minggu, Juni 20, 2021
BerandaBupati FX Yapan: Pasar Olah Bebaya Melak Sebagai Percontohan
Array

Bupati FX Yapan: Pasar Olah Bebaya Melak Sebagai Percontohan

Kubar, faktapers.id – Bupati Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), FX Yapan SH menginstruksikan Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM) Kubar segera memetakan serta menyurvei sejumlah kecamatan di Kubar yang layak dibangun pasar induk tradisional kecamatan dengan gaya pasar moderen.

Menurut Bupati, dengan adanya pasar induk tradisional bergaya moderen di kecamatan, dapat dipastikan mampu menjadi sumber ekonomi menambah income (penghasilan) masyarakat sekitarnya.

“Tugas Disdagkop dan UKM memetakan serta menyurvei sejumlah kecamatan yang layak dibangun pasar induk. Saya kira di Kecamatan Barong Tongkok dan Linggang Bigung bisa direncanakan dibangun seperti Pasar Olah Bebaya Melak,” jelas FX Yapan dalam konferensi pers, usai meresmikan Pasar Olah Bebaya Melak, Kamis (14/2/19) kemarin.

Bupati menyebut, kecamatan lainnya yang juga layak dibangun pasar induk bergaya moderen adalah Bongan. Yaitu di Kampung Jambuk Makmur (Resak 3). Menurutnya, pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk wilayah itu sangat pesat.

“Disana ada puluhan ribu karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit. Terlihat saat pekan (pasar malam/pasar tumpah/pasar tungging) sangat rame sekali. Nah kalau disana ada pasar induk, sangat tepat. Semua lengkap serba ada,” bebernya.

Bupati menyebut, Disdagkop dan UKM harus peka melihat peluang untuk membangkitkan income masyarakat, sehingga ekonomi bisa semakin kuat. Untuk anggaran pembangunan pasar kata bupati, Pemkab Kubar akan mengutus program jangka panjang, menengah dan jangka pendek, sesuai RPJMD dan visi-misi.

“Setelah bangunan pasar rampung, maka pengelolaan diserahkan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT),” katanya.

Bupati FX Yapan SH menegaskan, ia bersama Wakil Bupati Kubar H Edyanto Arkan dalam pembangunan Kubar periode 2016-2021 bertekad mewujudkan Kubar yang semakin adil, mandiri, dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan sumber daya manusia.

“Kami berdua tidak ada kepentingan. Yang ada hanya kebutuhan untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat secara adil. Sesuai semboyan pembangunan Kubar ‘Semoga Hari Esok Lebih Baik Daripada Hari Ini’, itu include positifnya visi-misi pembangunan daerah ini,” urai FX Yapan.

“Saya pesankan kepada masyarakat Kecamatan Melak, tolong dijaga dan pelihara pasar dan shelter Olah Bebaya.Ini dibangun dengan ‘Duit’ masyarakat. Bangunan Pasar Olah Bebaya Melak berlantai dua, pasar tradisional bergaya moderen, rapi, bersih, serba ada, representatif sebagai percontohan se-Kaltim,” tandas Bupati.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments