Senin, Juni 21, 2021
BerandaBupati Kubar Resmikan Pasar Olah Bebaya Melak
Array

Bupati Kubar Resmikan Pasar Olah Bebaya Melak

Kubar, faktapers.id – Pasar dan Shelter Olah Bebaya di Melak, Kecamatan Melak, Sendawar, Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur (Kaltim), yang dibangun sejak 2018 lalu dengan nilai kontrak Rp 4.722.619.000 khusus anggaran tahun 2018 dengan sumber pembiayaan melalui Dinas PUPR, telah selesai dan diresmikan oleh Bupati Kubar, FX Yapan, S.H, Kamis (14/2/19).

“Tujuan pembangunan pasar pada sejumlah kecamatan di Kubar, untuk mewujudkan visi-misi Pemkab Kubar yaitu agar masyarakat semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan,” ujar FX Yapan didampingi Wakil Bupati H Edyanto Arkan, saat memberikan sambutan dalam peresmian pasar itu.

Bupati menyebut pembangunan pasar di kecamatan hingga kampung se-Kubar, sebagai upaya Pemkab mewujudkan langkah strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kehidupan perekonomian kabupaten dalam pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Sebagai langkah strategis untuk meningkatkan dan memperkuat kehidupan perekonomian pedagang kaki lima (PKL) di Kubar,” ungkapnya.

Bupati berharap dengan adanya Pasar Olah Bebaya Melak, agar dijadikan sebagai sarana bagi para pedagang di Kecamatan Melak. Begitu pula sejumlah pasar dibeberapa kecamatan lainnya di Kubar yag saat ini juga telah selesai pembangunannya.

Sementara itu Wabup. H. Edyanto Arkan mengatakan, dengan adanya pasar itu, menjadi salah satu layanan publik. Untuk itu wabup mengharapkan seluruh elemen masyarakat baik pengguna pasar maupun masyarakat sekitarnya, agar dapat merawat dan menjaganya.

“Menjaga ketertiban serta kebersihan dalam lingkungan pasar. Sehingga keberadaan Pasar Olah Bebaya Melak mampu membangkitkan perekonomian masyarakat Kubar umumnya, dan masyarakat Melak khususnya,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Disdagkop dan UKM) Kubar, Salomon Sartono dalam laporannya mengungkapkan bahwa Pasar Olah Bebaya Melak saat ini memiliki 238 kios.

“Untuk pengelolaan pasar dan shelter, Disdagkop bekerjasama dengan pihak kecamatan dan kampung sebagai pengelolanya. Khusus untuk shelter mini, akan diberikan kepada UMKM dalam bentuk hibah,” urainya.

Salomon Sartono menambahkan, diharapkan dengan pembangunan pasar dan shelter itu, dapat menjadi penggerak roda ekonomi masyarakat.

“Sehingga pendapatan pelaku UKM juga akan meningkat, dan berimbas pada kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Disdagkop Kubar membeberkan, bahwa total anggaran untuk pembangunan pasar dibeberapa kecamatan se-Kubar pada 2018 sebesar Rp 27.722.619. Yaitu untuk membangun Pasar Olah Bebaya Melak, Pasar Kampung Damai Kota Kecamatan Damai, Pasar Kampung Pepas Eheng Kecamatan Barong Tongkok, dan Pasar Kampung Dilang Puti Kecamatan Bentian Besar.

Hadir pula dalam kesempatan itu Camat Melak HM Japar beserta seluruh unsur pimpinan Muspika Melak, para kepala dinas/badan/kantor dilingkup Pemkab Kubar, serta hadirin undangan.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments