Kamis, Juni 17, 2021
BerandaCegah DBD, Camat Grogol Petamburan Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat
Array

Cegah DBD, Camat Grogol Petamburan Terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Jakarta, faktapers.id – Penanganan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) akan lebih optimal jika didukung partisipasi masyarakat. Terlebih perubahan cuaca ekstrem saat ini rentan menyulut tingginya penyakit yang ditularkan akibat gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Untuk menggelorakan partisipasi masyarakat, Camat Grogol Petamburan, Ahmad Sajidin memperkuat Gerakan Masyarakat (Germas) untuk aktif dan mandiri dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) sehingga dapat mengantisipasi DBD.

Warga pun tak rela dirinya terkapar akibat DBD. Tak urung mereka kerja ekstra dalam menerapkan Germas khususnya melalui gerakan Gerebek PSN di wilayahnya masing-masing.

“Kami tak mau ambruk lantaran digigit nyamuk Aedes Aegypti yang menularkan virus DBD. Karena itu warga serentak aktif dalam setiap PSN bersama Jumantik dan aparat kelurahan maupun kecamatan,” kata Wakil Ketua RW 09 Kelurahan Grogol, Eep ketika menerima bunga Lavender dan ikan cupang dari Camat Grogol Petamburan, Ahmad Sajidin saat Gerebek PSN di RW 09 Grogol, Jumat (8/2/19).

Gerebek PSN tersebut berlangsung di RT 06, 05 dan 10 di RW 09 Kelurahan Grogol. Warga setempat, lanjut Eep, berharap wilayahnya dapat bebas DBD. Sehari-harinya warga RW 09 Grogol mengusung motto Bersih, Aman dan Bebas DBD.

Camat Grogol Petamburan, Ahmad Sajidin menjelaskan penanganan DBD akan efektif jika kolaboratif dan sinergis melibatkan aparat, petugas kesehatan dan masyarakat itu sendiri melalui Germas.

“Penanganan DBD kini lebih mengedepankan peranan masyarakat dibanding kader Jumantik, sehingga dapat membentuk Jumantik Mandiri,” ungkap Sajidin.

Dengan PSN yang benar melalui Germas seraya menerapkan pola hidup bersih dan sehat, Sajidin berharap seluruh kelurahan di Kecamatan Grogol Petamburan akan tinggi angka bebas jentik (ABJ) sehingga dapat mencegah bahkan tidak ada kasus DBD. Dari tujuh (7) kelurahan di Grogol Petamburan, dua kelurahan di antaranya yakni Grogol dan Tomang nihil DBD.

Dalam Gerebek PSN di RW 09 Grogol, Camat Grogol Petamburan menyerahkan sejumlah pohon Lavender dan ikan cupang untuk antisipasi dalam memberantas jentik nyamuk.fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments