Rabu, Juni 23, 2021
BerandaGowes SBC, Segera Membelah Rimba Kubar-Mahulu
Array

Gowes SBC, Segera Membelah Rimba Kubar-Mahulu

Kubar, faktapers.id – Komunitas penggemar sepeda di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), yakni Klub Sendawar Bike Community (SBC), dalam waktu dekat akan menggelar Gowes Touring Adventure 2019 dengan tema  ‘Gombal Perawan’ atau singkatan dari Gowes Membelah Hutan Belantara Yang Masih Perawan. 

“Gowes Touring Adventure 2019 ‘Gombal Perawan’ dijadwalkan berangkat dari halaman Islamic Center Kubar di Melak, Sendawar, pada pada 15 Februari mendatang. Menuju Ibukota Kabupaten Mahulu, Ujoh Bilang, menggunakan sepeda kayuh,” jelas Ketua Klub SBC, Agus, kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, Senin (04/02/2019) di Sendawar. 

Menurutnya, dalam perjalanan nantinya, Gowes Touring Adventure ini akan menginap ditengah perjalanan. Setiba di Ujoh Bilang, Mahulu, SBC akan bergabung dengan MTB Mahulu. 

“Keberangkatan Klub SBC dari Melak pada Jumat (15/2/2019) subuh. Diperkirakan akan tiba di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Mahulu pada Sabtu (16/2), melintasi akses Trans Kalimantan dari Kubar ke Mahulu. Selanjutnya, pada Minggu (17/02/2019) akan kembali ke Kubar mengunakan kapal motor angkutan Sungai Mahakam,” urainya.

Dia menyebut, tujuan utama Gowes Touring Adventure  ‘Gombal Perawan’, yakni sebagai agenda rutin tahunan Klub SBC. Juga mendukung kuat suksesnya program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dicanangkan pemerintah. 

“Membentuk jiwa generasi muda agar cinta tanah air, lingkungan hidup, serta kelestarian alam, bangsa dan negara. Juga sebagai motivasi membantu pemerintah daerah mempromosikan potensi objek wisata alam lokal. Disamping menciptakan sehat jasmani rohani, dan mengenalkan olahraga bersepeda kepada masyarakat,” tandasnya. 

Salah seorang anggota Klub SBC, Widodo, menyebut total jarak tempuh akses darat Melak-Long Bagun mencapai 170 kilometer (KM). Dengan jarak tempuh cukup jauh itu menurutnya, diharapkan para peserta touring adventure mempersiapkan kondisi fisik agar tetap sehat.

“Speed ever (kecepatan efektif) 13 KM/jam. Etape 1 Kampung Purworejo (Kecamatan Tering), etape 2 Kampung Kelian Dalam, etape 3  Kampung Long Hubung (Mahulu), dan finish Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Mahulu,” urainya.

“Kepada pencinta olahraga sepeda, baik masyarakat umum maupun klub sepeda yang berminat, saat ini masih terbuka waktu untuk pendaftaran,” tukas Widodo.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments