Rabu, Juni 23, 2021
BerandaHPSN 2019, Kapolsek Long Bagun Pimpin Kegiatan Pungut Sampah
Array

HPSN 2019, Kapolsek Long Bagun Pimpin Kegiatan Pungut Sampah

Mahakam Ulu, faktapers.id – Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 pada Kamis (21/2/19), tidak hanya dilaksanakan di kota besar saja. Nun jauh di perbatasan Negara Indonesia dengan Negara Bahagian Serawak, Malaysia Timur, yakni di Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur, kegiatan memungut sampah pada HPSN juga dilakukan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Long Bagun yang merupakan bagian dari jajaran Polres Kutai Barat.

Kepala Polsek Long Bagun, Iptu Purwanto yang memimpin langsung kegiatan HPSN itu mengakui bahwa dilaksanakan kegiatan HPSN dilapangan Kampung Ujoh Bilang oleh Polsek Long Bagun bersama sejumlah elemen masyarakat.

“Diisi dengan kegiatan memungut dan membuang sampah oleh seluruh peserta yang hadir, kemudian dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) menggunakan mobil sampah milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mahulu,” jelasnya dalam sambutan dihadapan ratusan peserta upacara HPSN itu.

Dia berharap melalui HPSN membuat bertambah semangat seluruh lapisan masyarakat bekerja ikhlas dalam menjaga lingkungan dari sampah. Jangan dianggap pekerja atau petugas pemungut sampah sebagai pekerjaan hina.

“Kepeduliaan masyarakat harus diutamakan agar sadar tidak membuang sampah sembarangan. Jika itu bisa dilakukan, maka Kampung Ujoh Bilang, khususnya Kecamatan Logn Bagun akan bersih dari sampah,” ucapnya.

Purwanto menyebut, Ujoh Bilang yang merupakan Ibukota Kabupaten Mahulu, sejak saat ini harus bisa terbebas dari sampah. Menurutnya, sampah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. Tetapi tanggung jawab bersama masyarakat.

“Merayakan HPSN ini dengan aksi nyata kerja bakti memungut sampah dilingkungan Kampung Ujoh Bilang. Diharapkan seluruh peserta yang hadir dapat menjadi motivator bagi keluarganya, masyarakat dan seluruh stakeholder, agar tidak lagi membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, hadir peserta yang hadir dalam kegiatan HPSN itu diantaranya, Camat Long Bagun Yason Liah, Perwakilan Danramil Long Bagun Pelda Budiono, Wakapolsek Long Bagun Ipda Lapalengo, Ketua Bhayangkari Ranting Long Bagun beserta anggota Bhayangkari, Anggota Koramil Long Bagun, Anggota Polsek Long Bagun, Staf Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Mahulu, serta rautsan siswa-siswi SMUN 1 Long Bagun dan siswa-siswi SMPN 1 Long Bagun. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments