Senin, Juni 21, 2021
BerandaKandaskan Thailand 2-1, Timnas Indonesia Kunci Gelar Juara Piala AFF U-22
Array

Kandaskan Thailand 2-1, Timnas Indonesia Kunci Gelar Juara Piala AFF U-22

Jakarta, faktapers.id – Timnas Indonesia sukses mengunci gelar juara Piala AFF U-22 usai menundukan Thailand dalam partai final di Stadion Olympic, Selasa (26/2/19). Indonesia menang dengan skor tipis 2-1. Dua gol dari tim Merah-Putih itu dicetak oleh Sani Rizki dan Osvaldo Haay.

Di awal pertandingan, peluang langsung didapat skuat Indra Sjafri pada menit ke-9. Firza Andhika yang berdiri tanpa kawalan memanfaatkan kesempatan dengan melesakan sepakan dari jarak jauh. Namun, tendangan Firza masih sangat lemah dan dengan mudah diamankan oleh kiper Thailand.

Di menit ke-18, Thailand mendapat peluang lewat sepak pojok. Tetapi, tendangan pemain Thailand hasil dari umpan sepak pojok, masih bisa dihalau lini belakang Indonesia.

Baca JugaHasil Piala AFC 2019 : Persija Ditahan Imbang Tamunya Becamex Binh Duong 0-0

 

Hingga paruh pertama selesai, tak ada peluang yang berarti diantara kedua tim. Hasilnya, skor imbang 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki paruh kedua, peluang emas didapat Indonesia di menit ke-50. Berawal dari umpan terobosan Gian Zola ke arah gawang, bola langsung dikejar Witan Sulaiman. Namun, kiper Thailand keluar dari sarangnya untuk memblok umpan dari Zola kepada Witan.

Alih-alih membuka keunggulan, Indonesia justru harus tertinggal di menit ke-57 setelah gawang mereka berhasil dijebol oleh kapten Thailand, Saringkan Promsupa. Gol berawal dari tendangan bebas, kemudian mampu dimanfaatkan Saringkan menjadi gol.

Namun, dua menit berselang, Indonesia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 atas Thailand. Tendangan Sani rizki dari luar kotak penalti mengenai Marco Ballini dan bola pun berbelok arah. Kiper Karrapat Nareechan terkecoh melihat arah datangnya bola, sehingga memaksa bola masuk ke jala gawangnya.

Baca JugaDitahan Imbang Becamex Binh Duong 0-0, Ivan Kolev Tak Puas dengan Hasil Laga

 

Setelah mampu menyamakan kedudukan, permainan timnas Indonesia mulai mencair. Hasilnya, di menit ke-58 skuat Garuda Muda mampu membalikan keadaan usai Osvaldo Haay dapat mencatatkan namanya di papan skor.

Indonesia harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-89 usai Bagas Adi menerima kartu merah dari wasit yang memimpin laga.

Meski begitu, Indonesia tetap mampu menjaga keunggulan 2-1 atas Thailand hingga laga usai. Kemenangan ini memastikan Indonesia menjuarai kompetisi Piala AFF U-22 2019.

Susunan Pemain :

Timnas Indonesia U-22 : Awan Setho Raharjo; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugraha, Firza Andika; M Luthfi Kamal Baharsyah, Gian Zola Nasrullah, Sani Rizki Fauzi; Osvaldo Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaeman.

Timnas Thailand U-22 : Karrapat Nareechan; Sampan Kesi, Kritsada Nontharat, Chatchai Saengdao, Saringkan Promsupa, Patcharapol Intanee, Jidsadakorn Kowngam, Jaroensak Wonggorn, Sakunchai Saengthopho, Marco Ballini, Tanpisit Kukalamo.ia

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments