Kamis, Juni 24, 2021
BerandaKSOP Kelas III Sunda Kelapa Berikan Diklat BST dan SKK Gratis di...
Array

KSOP Kelas III Sunda Kelapa Berikan Diklat BST dan SKK Gratis di BP2IP Tangerang

Jakarta, faktapers.id – Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa, Ridwan Chaniago membuka resmi kegiatan pendidikan dan pelatihan (Diklat) pemberdayaan masyarakat, Senin (25/2/2019) di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP), Tangerang.

Diklat pemberdayaan masyarakat bekerjasama antara KSOP Kelas III Sunda Kelapa dengan BP2IP Tangerang, Polairud Polda Metro Jaya, dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), dan diberikan secara gratis alias tanpa biaya.

“Program Diklat ini merupakan program prioritas nasional Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang dilaksanakan oleh BP2IP Tangerang sebagai UPT Kemenhub di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP).

Tahun ini akan diselenggarakan Diklat Basic Safety Training (BST) dan Surat Keterangan Kecakapan (SKK) 30 mil dan 60 mil sebanyak 2040 orang,” ungkap Ridwan saat memberikan sambutan Menteri Perhubungan pada acara pembukaan Diklat.

Masyarakat, lanjutnya, harus terlibat di dalamnya untuk mendorong peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan sehingga mampu mendongkrak akses masyarakat dalam menikmati dampak positif pembangunan yang berorientasi kepada peningkatan kesejahteraan.

“Pembangunan fisik (infrastruktur) harus diikuti dengan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Untuk itu, Kemenhub menyediakan anggaran yang cukup untuk menyiapkan SDM yang secara langsung akan berhubungan dengan sistem transportasi di darat, laut, udara dan kereta api serta industri maritim,” tutur Ridwan.

Di akhir sambutan, Ridwan menyampaikan Kemenhub akan senantiasa mendukung dalam pembangunan SDM agar kualitas keselamatan dan kompetensi masyarakat semakin membaik, sesuai dengan tujuan bersama dalam mencapai zero accident.

“Selamat kepada para peserta yang mengikuti Diklat. Kami berharap banyak, agar para peserta dapat menularkan pengetahuan pentingnya budaya safety (keselamatan) kepada lingkungan sekitar,” tutupnya.

Selain BP2IP Tangerang, Diklat pemberdayaan masyarakat ini juga dilaksanakan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta sebagai UPT Kemenhub di bawah BPSDMP yang pada tahun ini akan menyelenggarakan Diklat BST KLM sebanyak 5.500 orang, SKK 30 mil sebanyak 2.200 orang, dan SKK 60 mil sebanyak 2.200 orang. kls

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments