Selasa, Juni 15, 2021
BerandaMartinus di SMAN 01 Muara Lawa, Pendidikan Modal Membangun Daerah
Array

Martinus di SMAN 01 Muara Lawa, Pendidikan Modal Membangun Daerah

Kutai Barat, faktapers.id – Dalam kunjungan Reses (kegiatan diluar masa sidang) di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Martinus ST MSi, menyempatkan berdialog dengan siswa-siswi SMAN 01 Kecamatan Lawa, Kubar, Selasa (19/2/19).

Dalam dialog itu, Martinus menguraikan pentingnya memajukan sumber daya manusia (SDM), sebagai modal utama membangun daerah. Untuk memajukan SDM menurutnya, diupayakan melalui penignaktan pembangunan bidang pendidikan.

“Saya terus mengingatkan generasi muda Kaltim, dan utamanya Kubar. Untuk membangun daerah modal utama adalah SDM. Meski melimpah sumber daya alam (SDA), jika tak dikelola dengan SDM yang mumpuni, maka tidak akan pernah maju suatu daerah,” terang anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Kaltim itu yang melakukan reses di dapil Kubar dan Mahakam Ulu (Mahulu).

Dia menyebut, hingga saaat ini masih terlihat kesenjangan kompetensi (keterampilan) pendidikan didaerah pedalaman dan perbatasan Kaltim. Bukan hanya soal fasilitas, namun pola didik juga beragam. Martinus mengungkapkan, banyak hal penting yang diungkap dalam dialog bersama sekitar 100 siswa-siswi SMAN 01 Muara Lawa yang berada di Kampung Lambing.

“Pada bidang pendidikan, siswa-siswi menanyakan masalah beasiswa pendidikan (Kaltim Cemerlang) yang telah diprogramkan Pemprov Kaltim era Gubernur H Awang Faroek Ishak,” sebutnya.

“Saya tegaskan kepada siswa-siswi, bahwa DPRD Kaltim mendukung sepenuhnya memajukan pembangunan bidang pendidikan se-Kaltim. Bahkan Kami (DPRD Kaltim) mendukung penuh Gubernur Kaltim Isran Noor yang telah berjanji menata dan memprioritaskan pemberian beasiswa kepada masyarakat pada 2019 ini,” ungkap Martinus.

Selain bidang pendidikan, Martinus juga mengungkap sejumlah potensi objek wisata di Kubar yang hingga kini belum dikelola dengan baik. Padahal kata dia, jika dikelola dan dipoles dengan apik, maka akan mampu membangkitkan ekonomi kerakyatan.

Martinus menyebut, Pemda perlu bekerja sama dengan kelompok pemuda dan masyarakat sekitar objek untuk mengelola kawasan wisata agar menjadi destinasi wisatawan. Pemda perlu membantu pengelolaan dengan membangun sejumlah fasiltias penunjang diobjek wisata.

“Utama masyarakat harus menghilangkan kebiasaan membuang sampah disembarang tempat, terlebih di objek wisata,” kata dia.

Dalam kesempatan dialog dan diskusi bersama siswa itu, Martinus didampingi dokter muda Febelia Christa dan Duta Pariwisata 2018 Angelia Priscila Devung. Martinus sambil memetik gitar, bernyanyi bersama menghibur para siswa.

“Ini promosi bagi siswa-siswi SMAN 01 Muara Lawa. Siswa-siswi yang berbakat, boleh mencoba ikut seleksi duta pariwisata mewakili Kubar. Penting, siswa-siswi dapat berprestasi,” kata Angelia Priscila Devung.

Kepala SMAN 01 Muara lawa,Samson mengakui bahwa kegiatan semacam itu sangat positif, dapat menjadi motivasi generasi muda untuk memajukan bidang pendidikan dan pariwisata.

“Apresiasi dan terima kasih atas kunjungan anggota DPRD Kaltim (Bapak Marthinus) ke sekolah kami. Kami juga telah menyampaikan kondisi SMAN 01 Muara Lawa yang sangat mengharapkan perhatian oleh DPRD dan Pemprov Kaltim,” ungkapnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments