Kamis, Juli 29, 2021
BerandaMesin Mati, KM Mira Farisma Nyaris Terbalik di Long Bagun
Array

Mesin Mati, KM Mira Farisma Nyaris Terbalik di Long Bagun

Mahakam Ulu, Faktapers.id – Meski Sungai Mahakam di Kawasan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimatan Timur (Kaltim) debit airnya saat ini tak begitu surut, namun beberapa daerah di sepanjang alur Sungai Mahakam merpupakan kawasan yang rawan. Pasalnya, merata alur tengah Sungai Mahakam di Mahulu, dangkal oleh pulau batu kerikil yang dikenal dengan nama Karangan (Pulau Batu).

Rabu (20/2/19) sekira pukul 15.00 Wita, Kapal Motor (KM) angkutan umum penumpang dan barang bernama KM Mira Farisma nyaris terbalik di Sungai Mahakam di kawasan Sungai Alan, di hilir Kampung Long Bagun Ulu, Kecamatan Long Bagun, Mahulu.

Baca JugaMartinus di SMAN 01 Muara Lawa, Pendidikan Modal Membangun Daerah

 

“Iya benar, KM Mira Farisma, Rabu (20/2/19) pukul 15.00 Wita. saat itu akan mengantar muatan (barang), mesinnya tiba-tiba padam (mati). Kapal hanyut dan kandas di karangan. Tidak ada korban jiwa. Kapal membawa muatan semen, beras dan lainnya,” tutur Kapolsek Long Bagun, Iptu Purwanto saat dihubungi Harian Fakta dan faktapers.id, Rabu (20/2/19) petang.

Baca Juga : Memasuki Usia ke-35 Tahun, RS Cakra Husada Terus Berbenah

 

Iptu Purwanto membeberkan, KM Mira Farisma yang kandas di Pulau Batu kerikil itu mengalami miring hampir 90 derajat, nyaris rebah terbalik, karena kondisi arus deras dan bermuatan penuh. Namun dapat diselamatkan. Dia mengungkapkan, KM Mira Farisma baru tiba di Mahulu dalam perjalanan dari Kota Samarinda, dan hendak bongkar muatan di Kecamatan Long Bagun, Mahulu.

“Berkat pertolongan masyarakat membantu menyelamatkan, dan juga dilakukan bantuan memompa air yang sudah mulai masuk kedalam kapal, akhirnya bisa diselamatkan. Kami masih selidiki kondisi badan dan lambung kapal serta jumlah beban muatannya,” tandas Iptu Purwanto.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments