Senin, Juni 21, 2021
BerandaParosil : Culture Fashion and Food Festival Wahana Promosi Daerah
Array

Parosil : Culture Fashion and Food Festival Wahana Promosi Daerah

Lambar, faktapers.idPerhelatan akbar Liwa Culture Fashion and Food Festival (LCFFF) III tahun 2019 diawali dengan parade Budaya Daerah Nyambai Bebakhong seribu penari.

Kegiatan ini dilaksanakan mulai 2 hingga 5 Februari di GOR Aji Saka, Kawasan Sekuting Terpadu. Acara dibuka langsung oleh Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus.

Turut hadir dalam acara itu Wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin, anggota DPRD  bersama Asisten dan staff ahli, Kepala OPD, Ketua TP-PKK Partinia Parosil Mabsus, Ketua GOW Gurti Mad Hasnurin, Ketua DWP Irma Akmal Abd Nasir, Ketua IKAD, Camat, Peratin dan masyarakat setempat.

Acara yang semarak tersebut diikuti 152 peserta Nyambai dari berbagai Pekon yang tersebar di Lampung Barat. Selanjutnya akan dilaksanakan Nyambai Bebakhong menghadirkan 1.000 penari, eksibisi (lomba) Orkes Gambus Lampung, eksibisi (lomba)  Nyambai, lomba Tari TK/Paud, pameran dan Lelang Foto (Liwart), peragaan Busana Desainer Lampung, lomba Fashion Show TK/PAUD, lomba Kostum Daur Ulang, bazar Makanan Tradisional, bazar Jajanan Pasar, bazar pengusaha fashion dan bazar unggulan daerah.

Serta akan diberikan penghargaan kepada Peratin (Kepala Desa) Peduli Pelestarian Nyambai dengan indikator peserta Nyambai terbanyak perwakilan Pekon.

Liwa Culture Fashion and Food Festival ini diharapkan menjadi wahana promosi daerah, karena kecintaan dan rasa memiliki kebudayaan dimulai dari diri kita sendiri.  Kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan sebuah upaya dalam rangka melestarikan seni dan budaya Lampung Barat,” terang Parosil.

Dikatakannya, salah satu budaya yang ada di Lampung Barat adalah nyambai. Kebudayaan Nyambai adalah sebuah komitmen yang harus selaras antara gerakan, ucapan dan musiknya.

Kita lihat hari ini antusiasme masyarakat sangat baik, sehingga tidak hanya ibu atau bapak saja yang memiliki tugas untuk melestarikan budaya. Tetapi kita harus mendukung kaum milenial untuk mencintai nyambai dan adat budaya lainnya yang ada di Lampung Barat ini,” pesan Parosil.

Bupati menyampaikan bahwa pihaknya  untuk kelancaran acara ini tahun – tahun berikutnya akan di evaluasi dari segala segi,  agar lebih baik dan menambah antusiasme masyarakat dari seluruh kalangan. wawan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments