Polisi Berhasil Ungkap Penyebaran Narkoba Jenis Baru

×

Polisi Berhasil Ungkap Penyebaran Narkoba Jenis Baru

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Polda Metro Jaya berhasil mengungkap peredaran 9.000 butir narkotika jenis baru yang mengandung zat Metoksetamina (MXE) yang masuk ke dalam narkotika golongan I.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa penemuan narkotika jenis baru ini berawal dari Subdirektorat I Ditresnarkoba membuntuti tersangka SS di yang akan bertransaksi sabu-sabu di sebuah rumah sakit di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Selasa (12/2).

Dari tangan tersangka SS, polisi mendapatkan barang bukti berupa sabu-sabu seberat 250 gram dan informasi mengenai lawan transaksinya. Tak lama kemudian, mereka meringkus tersangka ST di area parkir rumah sakit. Beragam barang bukti narkoba pun disita dari tangan ST, mulai dari sabu-sabu, happy five, hingga ekstasi.

Polisi kemudian melakukan penggeledahan di apartemen SS yang berada di Kemayoran, Jakarta. Dari sini, mereka menemukan ribuan butir tablet berbentuk segitiga.

“Kita menemukan 9.000 butir MXE, ini adalah jenis baru,” ujar Argo dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Senin (25/2) kemarin.

Kasubdit I Ditresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Calvijn Simanjuntak menjelaskan MXE ini memiliki ciri-ciri khusus seperti berbentuk segitiga berlian dan berwarna cokelat. Pihaknya menduga narkotika ini diproduksi menggunakan alat cetak.

Awalnya Calvijn mengaku pihaknya mencari kandungan Methylenediozymethamphetamine (MDMA) dalam tablet itu. Namun setelah diuji oleh tim laboratorium forensik (labfor), tablet itu mengandung MXE, kafein, dan ketamin.

“Awal pengecekan unsur MDMA itu tidak ada, tapi pada saat pendalaman yang dilakukan labfor, ini ada kandungan narkotika golongan satu MXE yang baru,” jelas Calvijn.uaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *