Selasa, Juni 22, 2021
BerandaProgram Sejuta Jamban Koramil Melak Berlanjut
Array

Program Sejuta Jamban Koramil Melak Berlanjut

Kubar, faktapers.id – Koramil 0912-12/Melak, Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), masih terus melanjutkan program Sejuta Jamban bagi masyarakat di tiga kecamatan dalam wilayah teritorialnya.

Komandan Koramil Melak, Kapten Arm Sarifudin mengungkapkan, program sejuta jamban telah berlangsung sejak 2015 silam, merupakan kerjasama TNI dengan sejumlah Kementerian dalam rangka membantu masyarakat mengatasi permasalahan kesehatan melalui sanitasi (budaya hidup sehat).

“Yaitu di Kecamatan Melak, Sekolaq Darat, dan Mook Manar Bulatn. Sejak 2015 lalu sudah ratusan unit jamban (WC) yang dibangun untuk masyarakat di tiga kecamatan itu. Syukur program tersebut masih berlanjut pada 2019 ini,” ungkapnya kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, Jumat (1/2/2019), di Sendawar.

Dia menegaskan, dalam program sejuta jamban akan dilihat kampung mana saja dalam wilayah binaaan Koramil Melak yang menjadi prioritas untuk dibangunkan jamban. Utama menurut Sarifudin adalah bagi warga masyarakat yang kurang mampu.

“Terutama warga kurang mampu yang tidak memiliki jamban (WC) dirumahnya. Kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) agar peka terhadap masyarakat di kampung binaannya. Harus menyatu dengan masyarakat, jika ada permasalahan di masyarakat bisa dibantu menyelesaikan, termasuk pembersihan lingkungan. Dengan adanya jamban maka prilaku hidup sehat akan bisa mulai diterapkan,” ujarnya.

Padat Karya

Kapten Arm Sarifudin juga memaparkan, bahwa pada 2019 ini, selain program sejuta jamban, juga ada program padat karya dari pemerintah daerah. Menurutnya, beberapa kampung pada tiap kecamatan di Kubar akan mendapat bantuan sanitasi sebesar Rp 350 juta per kampung.

“Yang saya tahu di Kecamatan Mook Manar Bulatn ada dua kampung (Sakaq Tada dan Sakaq Lotoq) akan mendapat bantuan sanitasi itu. Bersyukur, sehingga Koramil bisa bersinergi dalam pembuatan jamban membantu masyarakat,” bebernya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments