Rabu, Juni 16, 2021
BerandaRakor Bersama KPU Mahulu, Polres Siap Back Up Keamanan Pemilu Serentak
Array

Rakor Bersama KPU Mahulu, Polres Siap Back Up Keamanan Pemilu Serentak

Mahulu, faktapers.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), telah melaksanakan Rapat Koordinasi Kesiapan Pengamanan Pemilu Serentak 17 April 2019. Acara itu berlangsung di Ruang Rapat Bapelitbangda Mahulu di Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Rabu (6/2/19).

Ketua KPU Mahulu, Florianus Nyurang dalam sambutannya membeberkan bahwa seluruh tahapan pemilu serentak 2019 hingga saat ini berjalan lancar dan dilaksanakan dengan baik oleh KPU Mahulu sebagai penyelenggara pemilu.

“Mulai dari DPT, penerimaan berkas dan penetapan caleg, serta kesiapan personil penyelenggara pemilu yaitu PPK dan PPS se-Mahulu,” katanya.

Florianus Nyurang menambahkan, rakor itu untuk memastikan kesiapan semua pihak dan instansi terkait dalam menghadapi pemilu 17April mendatang. Dia menyebut, utama adalah kesiapan Polres Kubar dan Kodim 0912 Kubar dalam membantu menjaga kondusifitas kamtibmas.

“Logistik pemilu sedang dalam proses, terutama surat suara pemilu presiden dan wakil presiden, serta legislatif.Sedangkan kotak suara dan logistik lainnya sudah siap di KPU Mahulu,” ujarnya.

Bupati Mahulu, Bonifasius Belawan Geh yang hadir dan membuka rakor itu mengakui bahwa Pemkab Mahulu telah siap membantu, sehingga Pemilu Serentak 17 April mendatang berjalan sukses dan damai tanpa gangguan apapun.

“Sesuai dengan UU pemilu, pemerintah daerah mempunyai tanggung jawab dalam menyukseskan pemilu. Pemkab Mahulu telah siap membantu sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Bupati.

Bupati berpesan kepada penyelenggara pemilu, terutama KPU dan jajarannya hingga PPS, juga Bawaslu, agar melaksanakan penyelangaraan pemilu sesuai UU dan aturan yang berlaku.

“Jangan memihak dan menjelekkan peserta pemilu. Kepada peserta pemilu ikuti aturan main yang ada jangan membuat aturan sendiri. Bawaslu tolong jangan menyimpang dan jangan tebang pilih dalam bertindak,” tegasnya.

Bupati Bonifasius Belawan Geh sempat menyebut bahwa terindikasi Bawaslu Kabupaten Mahulu selama ini tidak adil dan tidak netral.

“Kami minta Bawaslu Mahulu untuk menjaga netralitas. Saya berharap kepada aparat atau petugas keamanan agar tetap menjaga kamtibmas dan netralitas,” pintanya.

Di penghujung pemaparannya, Bupati Bonifasius Belawan Geh menjelaskan bahwa menurut UU Pemilu, setiap warga negara yang telah memenuhi syarat, berhak menjadi peserta kampanye, termasuk TKK dan PNS.
Sementara itu, Wakil Kapolres Kubar, Kompol Sukarman menegaskan bahwa hingga saat ini tidak ada basis konflik di Kabupaten Mahulu. Untuk itu Polres Kubar mengharapkan suasana Pemilu Serentak 17 April mendatang berjalan aman dan kondusif.

“Di Kabupaten Mahulu ada 4 Polsek. Terhadap kekurangan personel, nanti ditambah Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari Polres dan Polda Kaltim pada saat pelaksanaan pemilu. Pola pengamanan pada pemilu tahun ini sudah ditentukan oleh pimpinan Polri,” bebernya.

Wakapolres juga mengingatkan, terkait politik identitas yang selama ini sering beredar atau diedarkan di media sosial oleh oknum tidak bertanggung jawab. Hal itu kata dia akan mengganggu, dan apabila itu tidak benar maka melanggar aturan atau UU. Sukarman mengingatkan masyarakat agar tidak menyebarkan berita hoax (bohong).

“Kepada KPU juga agar mencermati Daftar Pemilihan Tambahan (DPTb) di perusahaan se-Mahulu. Hal itu akan berpengaruh dalam pemilu, menggugah kesadaran masyarakat ikut pemilu atau menjamin hak pilih masyarakat. Termasuk TPS maupun penyelanggara pemilu serta pengamanannya sejak saat ini harus dipastikan sudah siap,” sebutnya.

“Polres Kubar mengharapkan agar Linmas Kabupaten Mahulu dipersiapkan sebaik-baiknya. Termasuk SDM anggota KPPS tolong di perhatikan. Cuaca dan kondisi alam termasuk transportasi darurat juga daya listrik di TPS, letak TPS, dipersiapkan.Karena kemungkinan perhitungan suara sampai malam hari,” pungkas Kompol Sukarman.

Sekadar diketahui dalam pertemuan itu hadir pula Kasdim 0912 Kubar Mayor Inf Wahyudi, Sekda Mahulu Yohanes Avun, seluruh komisioner KPU Mahulu, Kepala Kesbangpol Mahulu Rosalina Song, Muspika 5 kecamatan se-Mahulu, para petinggi kampung, PPK dan Panwascam, serta perwakilan partai politik.

Perlu diketahui, dalam rakor itu dilakukan pula penandatanganan kesepakatan antara Pemkab Mahulu, KPU, Bawaslu, dan Polres Kubar. Sepakat bersama menyelenggarakan pemilu serentak 17 April 2019 secara aman, damai, dan kondusifitas kamtibmas terjaga. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments