Rabu, Juni 16, 2021
BerandaRakor KPU Mahulu Bahas Penyusunan DPK, DPTb, Perbaikan DPT, dan Relasi
Array

Rakor KPU Mahulu Bahas Penyusunan DPK, DPTb, Perbaikan DPT, dan Relasi

Mahulu, faktapers.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), telah melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) membahas penyusunan Daftar Pemilih Khusus (DPK) serta Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan juga perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT), berlangsung di Kantor Petinggi Kampung Long Bagun Ilir, Kecamatan Long Bagun, Selasa (5/2/2019).

Rakor dibuka langsung oleh Ketua KPU Mahulu, Florianus Nyurang, dihadiri Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Mahulu, serta para Relawan Demokrasi (Relasi).

“DPTb yaitu warga (masyarakat) karena keadaan tertentu pada hari H (17/4/2019) tidak bisa menggunakan hak pilihnya pada TPS tempat terdaftar awal. Atau karena berada (berdomisili) diluar daerah. Warga tersebut bisa menggunakan hak pilihnya di TPS tempat dia berdomisili dengan menggunakan surat atau kartu A5 yang dikeluarkan oleh KPU,” urainya.

“DPK yaitu warga yang memenuhi syarat (terutama warga Mahulu), tetapi belum terdaftar dalam DPT. Bisa menggunakan hak pilihnya pada 17 April mendatang sejak pukul 12.00 WITA hingga pukul 13.00 WITA,” tegas Florianus Nyurang.

Dia berharap PPK bersemangat dalam penyelenggaraan pemilu serentak. Menjunjung tinggi integritas dan netralitas, tak berpihak kepada salah satu peserta pemilu, tidak menggadaikan netralitas, serta taat pada azas dan prinsip penyelenggaraan pemilu.

“Begitu pula Relasi KPU Mahulu, agar bisa melakukan fungsi untuk meningkatkan pratisipasi pemilih dalam pemilu serentak 17 April 2019,” pungkasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Mahulu Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Agutinus Lejiu, dalam arahannya mengajak PPK yang hadir menginventarisir masalah apa saja yang menjadi kendala di PPK.

“Kesiapan sekretariat baik PPK maupun PPS serta dukungan dari pemerintah pada tingkatannya. Kesiapan TPS, serta PAM TPS diwilayah masing-masing, serta persiapan untuk merekrut KPPS yang akan melayani 106 TPS se-Mahulu,” ungkapnya.

Begitu pula Ketua Divisi Teknis KPU Mahulu, Saaludin juga memberikan pemaparan dan pemahaman terkait pokok-pokok ketentuan perhitungan dan pemungutan suara.

Dipenghujung rakor itu, Komisioner Bidang Program dan Data (Proda) KPU Mahulu, Andreas Arinda menguraikan tentang kebijakan penyusunan data pemilih. Dia menyebut dari penyusunan DPK, DPTb, dan peluang perbaikan DPT, ada indikasi pemilih di Mahulu yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) 1 serta.

“Kegandaan dan beberapa realitas daftar pemilih ditiap PPK. Potensi DPK sesuai data dari Dinas Capil totalnya berjumlah 344 DPK se-Mahulu. Untuk jumlah DPTb belum diproyeksikan,” tandasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments