Rabu, Juni 23, 2021
BerandaResmi, TMMD ke 104 Wiltas di Mahulu Telah Dibuka
Array

Resmi, TMMD ke 104 Wiltas di Mahulu Telah Dibuka

Mahakam Ulu, faktapers.id – Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Wilayah Perbatasan (Wiltas) 2019 di Kampung Long Melaham, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), secara resmi telah dibuka pada Selasa (26/2/19). 

Upacara pembukaan itu berlangsung di Lapangan Sepakbola SDN 006 Kampung Long Melaham, dengan inspektur upacara (Irup) Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH, dan Komandan Upacara Kapten Infanteri Rahman Sinuhung yang juga Pasi Ops Kodim 0912/KBR.

Dalam amanatnya Bupati mengungkapkan bahwa Pemkab Mahulu sangat mengapresiasi dan mengharapkan TMMD agar bisa berlangsung setiap tahun, guna percepatan pembangunan Mahulu bersama pemerintah.

“Mahulu adalah kabupaten yang baru dan terbatas sarana. Yang lebih banyak berupa sarana angkutan jalur sungai. Ongkos jadi sangat mahal,” katanya. 

“Dengan TMMD mempercepat pembukaan akses jalan baik di kampung dan kecamatan, bahkan jalan tani yang menjadi harapan masyarakat,” tambah Bupati Bonifasius.

Dia juga mengungkapkan, pembangunan yang jadi kewenangan pemda akan dilakukan bekerjasama dengan pihak swasta dan masyarakat. Menurutnya, jika ditanya apakah Pemkab Mahulu tidak bisa membangun tanpa TMMD?. Jawabannya kata Bupati, TMMD adalah merupakan porsi yang sudah digulirkan oleh pusat, sehingga TNI selalu manunggal bersama rakyat.

“Kemanunggalan TNI dan masyarakat adalah bagìan dan aset yang harus kita lestarikan. Masyarakat Mahulu sangat beruntung, karena daerahnya menjadi salah satu yang dibangun TNI,” urainya.

“Untuk itu, Pemkab Mahulu mendukung penuh TMMD ke-104 di Kecamatan Long Bagun ini. Segala daya dan upaya menjadi dukungan Pemkab Mahulu, sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara berkeadilan,” pungkas Bupati Bonifasius Belawan Geh.

Sementara itu, Komandan Satgas TMMD ke-104 Wiltas Letkol Infanteri Anang Sofyan Effendy  yang juga Komandan Kodim 0912/KBR itu dalam laporannya menyebut dua sasaran TMMD ini, yakni:

a. Sasaran Fisik

1. Pembukaan badan jalan menuju kelompok tani sepanjang 2000 meter dengan lebar 4 meter di RT 02 Kampung Ujoh Bilang

2. Pembukaan Lahan Pertanian seluas 17,5 hektare dan irigasi plus saprodi di Kampung Ujoh Bilang

3. Pembuatan Kolam Ikan ukuran 20×30 meter sebanyak 4 unit, Kolam Pemijahan dan Indukan ukuran 3×4 meter sebanyak 2 unit serta Pondok Pertemuan 1 unit di Kampung Long Melaham

4. Pembukaan badan jalan menuju kelompok tani sepanjang 2000 meter dengan lebar 4 meter di Kampung Long Melaham 

5. Pembukaan Lahan Pertanian seluas 30 hektare dan irigasi plus saprodi di Kampung Long Melaham

b. Sasaran Non Fisik

1. Penyuluhan KB Kesehatan

2. Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas

3. Penyuluhan Pertanian, Peternakan dan Perkebunan

4. Sosialisasi Paham Radikal, Bela Negara dan Wasbang

5. Sosialisasi Bahaya Narkoba dan HIV/AIDS

6. Sosialisasi Rekrutmen TNI

7. Sosialisasi Karhutla

8. Sosialisasi Penanggulangan Bencana Alam

9. Baksos

Hadir pula dalam kesempatan itu Wakil Bupati Mahulu Y Juan Jenau, Ketua DPRD Mahulu Novita Bulan, Ketua TP-PKK Mahulu Yovita Bulan, Kasi Log Korem 091/ASN Kolonel Infanteri Erwin Barends, Perwira Ahli Bidang OMSP Kodam VI/Mulawarman Kolonel Infanteri Klemen Haposan Siahaan, Komandan Pamtas Yonif 144/Jaya Yudha Letkol Infanteri Andri Hadiyanto, Sekkab Mahulu Yohanes Avun, Kepala Kejari Kubar Syarief Sulaeman Nahdi, Wakil Ketua DPRD Mahulu  Moch Japrie Ding, Camat Long Bagun Yason Liah, Kapolsek Long Bagun Iptu Purwanto, Perwakilan Polres Kubar Kompol Kasdi, Danramil 0912-03 Long Bagun Mayor Infanteri Sulihartoyo, serta sejumlah Danramil se-Kubar dan Mahulu.

Ratusan peserta upacara terdiri para Kepala Opd, para ASN dan honorer di lingkup Pemkab Mahulu, bahkan tidak kurang dari 350 orang yang terdiri dari pelajar (SMA, SMP dan SD), aparat kampung, anggota linmas, anggota Laskar Merah Putih, pegawai, Satpol PP, Polri dan TNI, para Petinggi Kampung di wilayah Kecamatan Long Bagun, serta masyarakat. 

Pantauan langsung Harian Fakta Pers dan faktapers.id, tidak kurang dari 150 personel  TNI yang bergotong-royong bersama masyarakat dalam TMMD ke-104 di Kampung Logn Melaham.  Saat itu Bupati Bonifasius Belawan Geh juga melakukan  pemasangan pita dan alat kerja secara simbolis kepada 4 perwakilan masing-masing TNI, Polri, Satpol PP dan warga.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments