Kamis, Juli 29, 2021
BerandaSerentak se-Kubar, Bawaslu dan Panwaslu Tertibkan APK Sembarang Tempat
Array

Serentak se-Kubar, Bawaslu dan Panwaslu Tertibkan APK Sembarang Tempat

Kubar, faktapers.id – Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) berupa baliho maupun spanduk milik partai politik serta calon legislatif (Caleg) Pemilu Serentak 2019 yang terpasang disembarang tempat dalam Kota Sendawar, Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), telah ditertibkan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kubar, Sabtu (9/2/19).

Bawaslu Kubar telah berkoordinasi dengan KPU Kubar, juga menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) sebagai eksekutor, serta Polres dan Kodim 0912 Kubar membantu dalam menjaga kamtibmas.

Ketua Bawaslu Kubar, Risma Dewi mengatakan, penertiban APK tersebut dilakukan serentak pada 16 kecamatan se-Kubar. Untuk 5 kecamatan dilakukan langsung oleh Bawaslu, dan pada 11 kecamatan lainnya oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

“Untuk 5 kecamatan serta dalam Kota Sendawar oleh Bawaslu bersama Satpol-PP. Pada 11 kecamatan lainnya ditertibkan oleh Panwascam,” jelas Risma Dewi, melalui Koordinator Divisi Hukum, Penindakan dan Pelanggaran Bawaslu Kubar, Lourensius, dalam keterangan pers kepada wartawan di Sendawar, Sabtu (9/2/19).

Lourensius menegaskan, Bawaslu Kubar menggunakan Peraturan Bawaslu Nomor 28/2018 untuk pengawasan kampanye. Sedangkan untuk menentukan jenis pelanggaran, pihaknya berpatok pada Peraturan Bawaslu Nomor 7/2018. Bahkan didalam penertiban APK itu menurutnya, Bawaslu Kubar menggunakan semua regulasi yang berhubungan dengan masalah kampanye pemilu serentak 2019.

“Sesuai Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu, bahwa Bawaslu harus mengawasi APK yang dipasang ditempat umum. Didalam Kota Sendawar yaitu disepanjang Jalan Sendawar Raya dari Barong Tongkok hingga Melak, APK sudah ditertibkan. Begitu pula di Kecamatan Linggang Bigung dan Tering serta 11 kecamatan lainnya,” katanya.

“Pemasangan APK harus memperhatikan etika dan estetika keindahan kota. Utamanya di jalur hijau, trotoar pejalan kaki, juga dibahu jalan pada tikungan dan kawasan lampu merah, merupakan daerah terlarang. Karena berpotensi sebagai pemicu kecelakaan lalulintas,” ungkapnya lagi.

Bawaslu Kubar mengimbau agar para calon legislatif bersama tim kampanye Pemilu Serentak 2019 se-Kubar untuk selanjutnya agar tidak memasang APK disembarang tempat, terutama ditempat umum.

“Pemasangan APK tidak dilarang, tetapi harus berkoordinasi dengan KPU, mengikuti aturan serta ketentuan. Tempat terlarang yaitu di bahu jalan, di kantor atau fasilitas pemerintah, gedung atau tempat pendidikan, serta diareal dan gedung tempat ibadah,” tandas Lourensius.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua KPU Kubar Drs FX Irianto mengakui sangat mengapresiasi kinerja Bawaslu Kubar menertibkan APK yang dipasang pada sembarang tempat.

“Karena sebelum masa kampanye, parpol peserta pemilu serentak 2019 sudah sepakat. APK dipasang oleh oleh penyelenggara pemilu ditempat yang sudah. Mulai dari ditingkat kabupaten, kecamatan, dan PPS, dilarang memasang APK di rumah ibadah ,sekolah, dan fasilitas pemerintah,” urainya dalam pesan WhatsApp (WA) kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id.

FX Irianto mengapresiasi kinerja Bawaslu, Panwaslu, dan Satpol PP. Menurutnya KPU Kubar mendukung hal itu demi ketertiban dan keindahan tata kota.

“Untuk menjamin kepastian hukum, dengan tidak mengesampingkan semangat peserta pemilu untuk mensosialisasikan parpol dan para caleg serta calon presiden dan wakil presiden dalam pemilu serentak 17 April 2019,” pungkasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments