Rabu, Juni 23, 2021
BerandaStaf Ahli Pangdam VI Tinjau Pra TMMD ke-104, Pemkab Mahulu Dukung Rp...
Array

Staf Ahli Pangdam VI Tinjau Pra TMMD ke-104, Pemkab Mahulu Dukung Rp 3,6 M dari APBD

Mahakam Ulu, faktapers.id – Untuk memastikan pra TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 di Kampung Long Melaham, Mamahak Besar, dan Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) berjalan dengan baik, Staf Ahli Pangdam VI Bidang Operasi Militer Selain Perang, Kolonel Klemen Haposan Siahaan datang langsung di Mahulu, Senin (18/2/19).

Kedatangan Kolonel Klemen Haposan Siahaan didampingi Kasdim 0912 Kubar Mayor Infanteri Wahyudi, disambut hangat oleh Pemkab Mahulu. Wakil Bupati Mahulu, Y Juang Jenau menegaskan, sebagai kabupaten baru, Mahulu sangat membutuhkan dukungan TNI. Terutama dalam kegiatan TMMD 2019 ini, Pemkab Mahulu menganggarkan dari APBD untuk mendukung pelaksanaan TMMD itu.

“Pemkab Mahulu menganggarkan sebesar Rp 3,6 miliar mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD 2019. Anggaran tersebut adalah terbesar dukungan kepada TMMD oleh Pemkab Mahulu, dibanding seluruh kabupaten/kota se-Indonesia,” jelas Juan Jenau dalam keterangan pers, usai jamuan makan malam dan silaturahmi menyambut kedatangan rombongan Tim Peninjau Pra TMMD Mahulu 2019 yang dipimpin oleh Kolonel Klemen Haposan Siahaan, Senin (18/2/19) di ruang pertemuan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Mahulu di Ujoh Bilang.

Juan Jenau mengungkapkan, berdasarkan Rapat Koordinasi yang diikutinya, apresiasi dan penghargaan yang tinggi oleh pusat kepada Pemkab Mahulu. Karena sudah beberapa kali TMMD dilaksanakan dalam beberapa tahun terakhir di Mahulu, selalu sukses.

“Kerjasama yang erat Pemkab Mahulu bersama Kodim 0912/KBR. Begitu Pula dukungan masyarakat Mahulu kepada Kodim 0912 Kubar yang selalu manunggal bersama rakyat. Untuk tahun ini TMMD dilaksanakan di 3 kampung dalam Kecamatan Long Bagun. Yaitu di Ujoh Bilang, Long Melaham, dan Mamahak Besar,” tuturnya.

Juan Jenau membeberkan, sebagai kabupaten baru yang masih sangat kekurangan, maka memerlukan bantuan pada seluruh bidang untuk membangun. Pemkab Mahulu berharap program TNI dalam TMMD akan terus berlanjut di Mahulu setiap tahun.

“Pemkab Mahulu sangat memerlukan bantuan TNI dan seluruh stakeholder guna membangun daerah perbatasan negara ini, agar bisa sejajar dengan daerah lainnya di Indonesia. Bahkan menghilangkan seluruh keterisolasian Mahulu,” tandas Wabup Juan Jenau.

Sementara itu, Kolonel Klemen Haposan Siahaan mengungkapkan, TNI melalui TMMD membantu masyarakat dalam pembangunan daerah dengan melihat sasaran secara luas. Dia menuturkan, kunjungan itu untuk melihat secara langsung sasaran yang dibangun oleh Kodim 0912 untuk masyarakat di Mahulu.

“Jika pembangunan itu masih bisa dilaksanakan oleh Kodim, alangkah baik. Tetapi apabila tidak, maka akan saya sampaikan kepada Korem bahkan hingga Kodam untuk mensupport bantuan. Kunjungan saya untuk memantau secara langsung,” urainya.

“TNI akan terus bersama rakyat dalam kemanunggalan. Untuk pembangunan Mahulu, TNI akan berupayaa setiap tahun. Dalam masa pra TMMD ini diharapkan kegiatan yang dilaksanakan oleh personel TNI dapat mencapai 40 persen sebelum pembukaannya pada 26 Februari mendatang,” tandasnya.

Kasdim 0912 Kubar Mayor Inf Wahyudi menjelaskan, dalam rangka TMMD ke-104 di Mahulu, sebanyak 150 personel TNI akan diturunkan kelapangan. Terdiri 36 personel Armed, 36 personel Yonif 611, 11 personel Zipur, 11 personel kesehatan, serta 60 personel Kodim 0912 Kubar.

“Personel TNI akan mengerjakan kegiatan fisik dan non fisik di Kecamatan Long Bagun. Yaitu pembukaan lahan sawah seluas 47 hektare, pembukaan badan jalan tani sepanjang 4 kilo meter, membuat 10 unit kolam ikan, kolam pembibitan dan penetasan ikan berukuran lebar 20 meter dan panjang 30 meter,” pungkasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments