Jumat, Juli 30, 2021
Beranda10 Bulan Lalu Diresmikan, RS Nawacita Datah Dave Di Long Pahangai Beroperasi...
Array

10 Bulan Lalu Diresmikan, RS Nawacita Datah Dave Di Long Pahangai Beroperasi dengan Baik Melayani Masyarakat

Mahakam Ulu, faktapers.id – Selama 10 bulan sejak diresmikan oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak (kala itu) pada 3 Mei 2018,Rumah Sakit (RS) Nawacita Datah Dave di Kampung Long Lunuk (Datah Dawai), Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Provinsi Kaltim, terus beroperasi melayani masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Mahulu, drg Agustinus Teguh Santoso mengungkapkan, kondisi RS Nawacita Datah Dave hingga saat ini berjalan dengan baik, dan menjadi tumpuan utama masyarakat Kecamatan Long Pahangai serta ulu riam dan sekitarnya.

“Sejak diresmikan, RS Nawacita Datah Dave mulai beroperasi melayani masyarakat diwilayah Kecamatan Long Pahangai bahkan Long Apari,” ungkapnya kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, Rabu (13/3/19).

Agustinus Teguh Santoso menuturkan, peralatan medis penunjang pelaksanaan kinerja di RS Nawacita Datah Dave telah tersedia cukup lengkap. Sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat dapat diberikan secara maksimal.

“Pelayanan kesehatan maksimal, karena RS Nawacita Datah Dave memiliki tenaga medis terdiri 4 dokter umum, 1 dokter gigi, 3 tenaga analis laboratorium, 2 tenaga apoteker, 2 tenaga gizi, dan 3 tenaga kesehatan lingkungan,” katanya.

Disamping itu tuturnya lagi, rumah sakit yang berada di ulu riam Sungai Mahakam itu telah memiliki sebanyak 30 tenaga perawat, dan 15 tenaga bidan.

“Sesuai dengan jumlah penduduk di Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari, tenaga medis dan kesehatan tersebut mampu dalam melayani kesehatan masyarakat. Karena selain RS Nawacita Datah Dave, juga terdapat puskesmas induk di Long Pahangai dan Long Apari,” bebernya.

Agustinus Teguh Santoso mengungkapkan, keberadaan RS Nawacita Datah Dave sangat membantu masyarakat yang bermukim diperbatasan negara tersebut. Sehingga kedepan direncakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemkab Mahulu, untuk terus menambah peralatan medis yang masih diperlukan rumah sakit itu.

“Bahkan secara berkala RS Nawacita Datah Dave dikunjungi oleh dokter spesialis dari Rumah Sakit Pratama (RSP) Gerbang Sehat Mahulu di ibukota mahulu, Ujoh Bilang,” pungkasnya.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments