Anna Mariana Gelar Karyanya “Tenun Babe” di Raker LBK

×

Anna Mariana Gelar Karyanya “Tenun Babe” di Raker LBK

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Hajah, Prof, Dr Anna Mariana, S.H, M.H, M.B.A sosok wanita gigih dalam melestarikan Tenun Betawi. Sekaligus menggembangkan tenun sebagai warisan leluhur budaya bangsa Indonesia.

Setelah berjuang merilis tenun Babe, Dewan Pakar dan Pembina di Komunitas Tekstil Tradisional Indonesia (KTTI) ini juga berjuang menghasilkan tenun perpaduan baru. Antara lain tenun Bali Solo, Bali Jogja, Bali Papua dan Tenun Bali Magista (Bali Makasar, Bugis dan Toraja).

Pada Rapat Kerja (raker) Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) di Hotel Grand Cempaka, Sabtu (9/3), Anna Mariana menggelar rancangan karya master piecenya berupa Tenun Betawi (BaBe),  bertema “LBK Penggerak Pelestarian dan Pengembangan Budaya Betawi di Era Milenial”.

“Tema ini sekaligus untuk mengangkat dan mempromosikan budaya Tenun Betawi Modern di era kini!. Dan untuk koleksi terbaru yang diperagaan hari ini, saya sengaja menampilkan 20 pakaian, terdiri dari busana wanita dan pria dengan design bergaya Betawi modern, kekinian, dan sesuai dengan anak milenial jaman now,” ungkap Bendahara LKB tersebut. Seraya mengatakan ada baju hijab, ada pula baju untuk hang out.

Menurut Anna, wastra ini akan mampu mengangkat dan membawa budaya Betawi lebih dikenal luas hingga mancanegara.

“Agar bisa mengangkat industry fashion dan kerajinan tradisional Betawi lebih berkembang dan menjadi modern. Di pengurusann LKB ini, kami solid, sejalan, sepemikiran dengan seluruh pembina lainnya,” tutur wanita kelahiran 1 Januari 1960 ini, yang juga penasehat Harian Faktapers dan media online faktapers.id ini.

Ia menyampaikan tenun Bali Betawi (BaBe) pertama kali diluncurkannya pada 2016, atas inisiatif pimpinan DKI saat itu, Sony Sumarsono. Karena saat itu di Betawi (Jakarta) sama sekali belum memiliki wastra tenun, yang ada hanya Batik Betawi.

Isteri dari Tjokorda Ngurah Agung Kusumayudha S.H, M.S, M.S.C menyebut tujuan utama di ciptakannnya tenun Betawi juga produk BaBe antara lain agar bisa mengangkat budaya Betawi ke tingkat lebih modern dan bisa dibanggakan ke tingkat Internasional.

“Agar Betawi tidak kalah dari daerah lain yang sudah lebih dulu dikenal di dunia internasional untuk produk mode dan fashionnya melalui tenun yang indah. Dalam beberapa kesempatan show keluar negeri, seperti ke Washington DC dan Jepang, Tenun Babe pula yang menjadi bahan utama, untuk saya peragakan!” ungkap Anna Mariana.

Pelestari Tenun dan Songket ini. mengaku selama masuk ke dalam pengurusan LKB ide-idenya tertampung denga baik. Bahkan bersama Beki Mardani (Ketum LKB) dan Imron Hasbullah (Sekjen) telah disusun rencana kegiatan bertajuk Betawi Modest Fashion Week yang akan digelar secara tahunan. fp01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *