Rabu, Juni 23, 2021
BerandaApril 2019, Kasus Tipikor 2018 di Kejari Kubar akan Tuntas di PN...
Array

April 2019, Kasus Tipikor 2018 di Kejari Kubar akan Tuntas di PN Tipikor Samarinda

Kutai Barat, faktapers.id – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kutai Barat, Provinsi Kaltim, Syarief Sulaeman Nahdi menegaskan bahwa sejumlah perkara tindak pidana korupsi (Tipikor) yang ditangani Kejari Kubar pada 2018, saat ini semuanya sudah masuk ke persidangan tahap akhir di Pengadilan Negeri Tipikor Samarinda.

Diantaranya, kasus dugaan tipikor di Perusahaan Daerah (Perusda) Witeltram Kubar. Dua terdakwa dalam kasus yang merugikan uang negara sebesar Rp 1,6 miliar itu, yakni Tinus (Mantan Dirut Perusda Witeltram), serta MS Ruslan (Mantan Pj Bupati Mahulu) periode 2013-2015, ditangani oleh PN Tipikor Samarinda sejak 8 Desember 2018 lalu.

“Kasus dugaan tipikor Perusda Witeltram sudah selesai penuntutan. Hanya menunggu vonis dari hakim. Diperkirakan dua pekan mendatang, kasus itu sudah inkrah secara hukum,” terangnya kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id diruang kerjanya, Senin (11/3/19).

Kemudian kasus dugaan tipikor pada UPT Laboratorium Konstruksi DPU Kubar. Kajari mengungkapkan, awalnya kasus tersebut merupakan operasi tangkap tangan (OTT) diamankan uang tunai total Rp 2,7 juta. Namun pada brankas diruang kerja terdakwa Narma juga ditemukan uang tunai sebesar Rp 86,5 juta, diduga merupakan uang hasil pungutan retribusi yang tidak sesuai dengan Perda.

“Kasus ini sudah masuk tahap akhir pemeriksaan ahli. Mungkin dalam pekan ini juga dilakukan pemeriksaan terhadap terdakwa Narma oleh PN Tipikor,” beber Syarief.

Selanjutnya kasus dugaan tipikor Alokasi Dana Desa (ADD) Kampung Ongko Asa, Kecamatan Barong Tongkok, dengan tersangka Lana yang diduga membuat laporan fiktif pengunaan ADD Ongko Asa sebesar Rp 672 juta, saat ini dalam proses persidangan dan masih tahap pemeriksaan para saksi.

“Sehingga seluruh perkara tipkor yang ditangani Kejari Kubar pada 2018, saat ini seluruh dalam tahap persidangan di PN Tipikor Samarinda. Kemungkinan besar pada April mendatang seluruh perkara 2018 tersebut selesai dipersidangan,” tandasnya.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments