Bupati Takalar Resmikan Desa Mart Bontomangape

×

Bupati Takalar Resmikan Desa Mart Bontomangape

Sebarkan artikel ini

Takalar, faktapers.id – Dalam meningkatkan pendapatan Daerah, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Bontomangape kerjasama dengan Perusda Takalar, membentuk Desa Mart yang diresmikan secara langsung oleh Bupati Takalar H. Syamsari, S.Pt. MM di Desa Bontomangape Kecamatan Galesong Kab. Takalar, Rabu 27 Maret 2019.

Peresmian ditandai dengan penggutingan pita oleh Bupati Takalar didampingi Kepala PMD Kab. Takalar, dan Kepala Desa Bontomangape dan penandatangan kerjasama antara Bumdes Karya Mandiri dengan Perusda Takalar yang disaksikan oleh Bupati Takalar.

Sebelum meresmikan, Bupati Takalar dalam sambutannya mengatakan terbentuknya desa mart merupakan suatu kerjasama yang baik antara Perusda Takalar, Bumdes dan BPR Takalar. Dibentuknya desa mart ini sesuai dengan visi misi pemda Takalar yaitu pertumbuhan ekonomi yang berbasis pada desa.

“Bumdes juga diharapkan menyediakan barang yang dibutuhkan di desa, seperti kebutuhan petani meliputi pupuk dan bibit tanaman, sehingga para petani tidak perlu lagi membeli di luar Kabupaten” ujar Bupati.

Bupati juga mengharapkan Takalar kedepan akan menjadi pusat distribusi Barang dengan diaktifkan secepatnya pelabuhan Boddia, sehingga bisa menjadi pintu keluar masuknya barang. Pemerintah Kabupaten Takalar berusaha mencotohkan agar Kabupaten Takalar menjadi Pusat bagian selatan Takalar.

“Dengan adanya desa mart ini dapat memotivasi desa-desa lainnya sehingga pertumbuhan ekonomi dapat ditingkatkan, dan dengan dana desa para kepala desa dapat membuat peogram-program yang mengacu pada pertumbuhan ekonomi desa sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakatnya” tutup Bupati Takalar.

Kepala Dinas PMD Kab. Takalar H. Andi Guntur Hakim, S.Sos. MM dalam arahannya menyampaikan bahwa desa mart ini bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain di Kab. Takalar dan dengan dana desa kita bisa meningkatkan pendapatan masyarakat, sehingga angka kemiskinan bisa dikurangi dan meningkatkan pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Kepala Desa Bontomangape selaku Dewan Penasehat Bumdes Karya Mandiri Karyani Ramli, S.P dalam laporannya menjelaskan bahwa suatu kebanggaan tersendiri bagi Desa Bontomangape, karena dari 100 desa di Kab. Takalar, Desa Bontomangape menjadi desa percontohan Desa Mart. Mudah-mudahan dengan adanya desa mart ini, dapat meningkatkan PAD desa.

Peresmian disaksikan Camat Galesong, Camat Galut, Camat Galsel, Dirut BPR Galesong, Kepala Puskesmas Bontomangape, beberapa Kepala Desa, Tokoh Masyarakat setempat dan masyarakat sekitar. kartia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *