oleh

DPMD Majalengka Wujudkan Pembangunan Desa Melalui ADD dan DD

Majalengka, faktapers.id – Dinas Pemberdayan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Majalengka gelar launching Dana Desa dan Alokasi Dana Desa Kabupaten Majalengka tahun 2019 di Graha Sindang Kasih, Jumat (29/3/19).

Launching tersebut dibuka Bupati Majalengka, Dr. H. Karna Sobahi, M. M.Pd dan dihadiri Forkopimda Majalengka, para Kepala OPD, camat dan kepala desa se-Kabuoaten Majalengka.

Kepala DPMD Kabupaten Majalengka, RD. Muhammad Umar Ma’ruf S. Sos. Msi mengatakan, launching Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahun 2019 dianggap perlu dalam mewujudkan pembangunan desa melalui Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tepat sasaran yang akan segera dikucurkan pada bulan April 2019 secara bertahap yaitu tahap, I 20%, tahap II 40 %, dan tahap III 40 % sebesar Rp 376,682 miliar melalui kas daerah langsung ke rekening sesa masing-masing.

“Dana Desa mengalami kenaikan tahun 2019 dibanding tahun 2018 yang hanya Rp 312 miliar. Selain itu, Desa juga akan mendapatkan anggaran IP Rp 127,288 juta, untuk fisik 90 juta selebihnya untuk perlengkapan HP seharga Rp 1,3 dan operasi lainnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Majalengka berharap, besarnya Alokasi Dana Desa dan Dana Desa bisa meningkatkan fiskal serta mampu meningkatkan pelayanan Mlmasyarakat, melaksanakan pembangunan, derajat masyarakat meningkat.

DAri segi fisik anggaran infrasruktur yang belum tersentuh pusat dibangun serta pemberdayaan masyarakat. Kemudian, Pemanfaatan BUMDes, usaha perdagangan dan wisata desa bisa merespon dengan anggaran Dana Desa.

“Progam satu desa satu perusahaan dari Gubernur Jawa Barat harus di gerakkan di bidang wisata, pertanian, perikanan, peternakan, dan lain lain. Kita akan mensosialisasikan pembinaan dengan kerjasama dengan para camat dan kepala desa,” ujarnya. Lintong Situmorang

Komentar

News Feed