Jumat, Juni 18, 2021
BerandaJaga Kekhusyukan Nyepi, 24 Jam Tanpa Internet
Array

Jaga Kekhusyukan Nyepi, 24 Jam Tanpa Internet

Denpasar, faktapers.id – Layanan internet saat Perayaan Nyepi di Bali dipastikan akan dihentikan sementara. Penghentian layanan internet ini dilakukan guna mendukung kekhusyukan para umat Hindu di Bali untuk beribadah.

Imbauan itu mengacu pada Surat Edaran Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) nomor 3 tahun 2019 tentang ‘Imbauan untuk Melaksanakan Imbauan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2019’. Isi edaran ini mengimbau agar semua penyelenggara telekomunikasi mendukung seruan bersama untuk menghentikan layanan internet pada Kamis (7/3) mulai pukul 06.00 Wita hingga Jumat (8/3) mendantang, pukul 06.00 Wita.

“Agar masyarakat dan penyelenggara jasa telekomunikasi melakukan langkah-langkah menghindari atau menangkal hoax dan konten negatif,” demikian bunyi petikan imbauan tersebut, Selasa (5/3/19).

Aturan tersebut dikecualikan untuk lokasi obyek-obyek vital dan sifatnya untuk kepentingan umum seperti layanan rumah sakit, kantor kepolisian, militer, BPBD, BMKG, BASARNAS, Bandara, dan sebagainya. Surat edaran ini ditandatangani Menkominfo Rudiantara 1 Maret lalu.

Ditempat terpisah, Plt. Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Bali Gede Darmawa mengatakan penghentian internet ini diharapkan bisa mendukung kekhidmatan perayaan Nyepi. Dia berharap umat lain bisa memaklumi dan mendukung pelaksanaan Nyepi.

“Dengan adanya penghentian sementara layanan internet, diharapkan umat Hindu lebih khidmat dan khusyuk menjalani Hari Raya Suci Nyepi kali ini. Surat ini sifatnya mengajak setiap komponen masyarakat, salah satunya para provider internet untuk menciptakan Hari Suci Nyepi yang berkualitas,” ujarnya.

“Saya mengharapkan semoga umat lain yang berdomisili di Bali pada saat itu juga bisa menghormati keputusan ini,” sambung Darmawa.

Keputusan ini sebelumnya sudah melalui pembahasan bersama antara Perwakilan Kementerian Kominfo, Dinas Kominfo Provinsi Bali, PHDI Provinsi Bali, MUI Provinsi Bali, MPAG Provinsi Bali, Walubi Provinsi Bali, Keuskupan Denpasar dengan para provider penyedia layanan internet, yang digelar di ruang rapat Dirjen SDPPI Kementerian Kominfo RI. Rencana penghentian internet saat Nyepi ini juga sudah disetujui para pemuka agama lain di Bali.fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments