Jakarta Siaga Banjir, Dua Pintu Air Berstatus Waspada

×

Jakarta Siaga Banjir, Dua Pintu Air Berstatus Waspada

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Hujan yang mengguyur sejumlah wilayah Jakarta sejak Selasa (5/3) dini hari, membuat sejumlah kawasan terutama Jakarta Barat dan Jakarta Utara tergenang banjir. Ketinggian air di dua pintu air pun terpantau mencapai status Siaga III atau Waspada, yakni pintu air Pos Angke Hulu dan Pasar Ikan.

Dikutip dari situs Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta, pintu air Pos Angke Hulu sudah mencapai status Waspada sejak pukul 04.00 WIB. Saat itu, ketinggian air mencapai 165 cm. Pada pukul 07.00 WIB, ketinggian bahkan mencapai 200 cm.

Kondisi di sekitar lokasi sudah hujan sejak pukul 01.00 hingga data terakhir diperabarui pada pukul 07.00 WIB.

Diketahui, status Waspada di pintu air ini diterapkan saat tinggi air mencapai 151-250 cm. Status Siaga II atau Kritis ada pada ketinggian 251-300 cm, dan Status Siaga I atau Bencana diterapkan saat tinggi air berada di atas 301 cm.

Siaga III artinya bila hujan menyebabkan peningkatan debit air meningkat di pintu-pintu air tetapi kondisinya masih belum kritis dan membahayakan. Meski demikian, bila status siaga III sudah ditetapkan, masyarakat sebaiknya mulai berhati-hati dan mengantisipasi dari berbagai kemungkinan bencana banjir.

Banjir di Pintu Angke Hulu sendiri akan berdampak setidaknya ke kelurahan yang berada di sekitar aliran sungainya, yakni Rawa Buaya, Cengkareng Timur, Cengkareng Barat, Kembangan Utara, Kedoya Utara, Duri Kosambi, Kapuk, dan Kedung Kaliangke.

Selain pintu air Angke Hulu, BPBD Jakarta juga mendeteksi status Waspada di pintu air Pasar Ikan. Status ini bahkan sudah terjadi sejak pukul 01.00 WIB dengan ketinggian air 178 cm. Saat itu, kondisi sudah gerimis.

Hujan kemudian mengguyur lokasi sekitar pukul 02.00 WIB. Ketinggian air pun naik ke level 180 cm, hingga kemudian merangkak ke 197 cm pada pukul 07.00 WIB. Hujan pun masih mengguyur saat itu.

Status Waspada di pintu air ini berada pada kisaran 171-200 cm. Jika ketinggian air semakin naik, setidaknya tiga kecamatan di sekitar pintu air ini terancam banjir. Yakni, Penjaringan (Jakarta Utara), Pademangan (Jakarta Utara), dan Kalideres (Jakarta Barat).

Untuk sepuluh pintu air lainnya di DKI Jakarta, BPBD Jakarta mencatatnya masih dalam level aman atau Siaga IV.fp01/raw

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *