Rabu, Juni 23, 2021
BerandaJelang Berakhirnya TMMD ke-104, Satgas Ajarkan Materi Hukum dan Kamtibmas Kepada Pelajar...
Array

Jelang Berakhirnya TMMD ke-104, Satgas Ajarkan Materi Hukum dan Kamtibmas Kepada Pelajar SMPN 5 Long Melaham

Mahakam Ulu, faktapers.id – Meski hanya tersisa beberapa hari lagi, pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Wiltas TA 2019 oleh Kodim 0912 Kutai Barat (Kubar) di Kecamatan Long Bagun, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kaltim akan berakhir. Namun kegiatan fisik dan non fisik terus berjalan dengan baik oleh Satgas TMMD.

“Semua kegiatan fisik maupun non fisik dalam program TMMD berjalan lancar di Kampung Long Melaham maupun Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun,” tutur Komandan Satgas TMMD ke-104 di Mahulu, Letnan Kolonel Infanteri Anang Sofyan Effendi yang juga Komandan Kodim 0912/KBR kepada Harian Fakta dan faktapers.id, Selasa (19/3/19).

Baca Juga  Hampir Dua Tahun JPO Jembatan Gantung Belum Disentuh Pemprov DKI

Diantara kegiatan non fisik itu, dilakukan oleh salah seorang prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD, Sersan Satu (Sertu) Gojali dari Yonif 611 Awang Long. Dia mengajarkan materi hukum dan kamtibmas kepada pelajar SMPN 5 Long Melaham.

“Tujuan utama mengajarkan materi hukum dan Kamtibmas, agar sejak dini pelajar timbul kesadaran dan ketaatan terhadap hukum. Diharapkan mereka disiplin dan memiliki tata tertib, sehingga dapat menjadi contoh bagi masyarakat,” kata Gojali.

Sementara itu, Danramil 0912-03 Long Bagun, Mayor Inf Sully Hartoyo mengungkapkan, bahwa pengajaran materi hukum dan kamtibmas bagi pelajar SMP sangat tepat. Karena setelah lepas dari SMP pelajar akan menjadi siswa-siswi SMA.

“Agar para pelajar tahu apa perbuatan yang bisa melanggar hukum atau tidak. Bahkan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) perlu dijaga. Karena masalah kamtibmas berkaitan erat dengan hukum,” ungkapnya.
Sully Hartoyo menyebut, termasuk bahaya penyalahgunaan narkoba dan pergaulan bebas, pelajar harus tahu persoalan yang berkaitan dengan hukum.

“Pelajar diharapkan menjadi pelopor bagi masyarakat dan kaum muda untuk memiliki pengetahuan dan menjauhi segala hal yang melawan hukum dan dapat mengganggu Kamtibmas,” tandasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments