Selasa, Juni 15, 2021
BerandaLAD Kubar Wisuda 14 Siswanya Sebagai Pengawal Masyarakat Adat
Array

LAD Kubar Wisuda 14 Siswanya Sebagai Pengawal Masyarakat Adat

Kutai Barat, faktapers.id – Sebanyak 14 siswa adat yang telah berhasil lulus dalam pendidikan tentang Norma Adat yang dilaksanakan dan diuji oleh Lembaga Adat Dayak (LAD) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kaltim, dinobatkan dan diwisuda secara adat, Senin (25/3/19) di Sekeretariat LAD, Jln.Menteweng 2, RT 08 Kelurahan Simpang Raya, Barong Tongkok, Sendawar.

“Melalui jenjang dalam hukum adat, secara sakral 14 peserta terpilih telah lulus, sehingga dinobatkan atau diwisuda, sebagai tanda telah berhasil dalam pendidikan norma adat. Kepada 14 peserta tersebut akan mengawal masyarakat adat 16 kecamatan se-Kubar, sebagai penegak keadilan tentang hukum adat,” jelas Kepala Adat LAD Kubar, Albinus Ali didampingi Wakil Ketua I LAD, D Nerus T, serta pemangku ritual adat dari Kampung Nyahing yaitu kakek Liyut sebagai pemeliatn/beliatn (bahasa Dayak : dukun/pawang/orang yang berhubungan dengan para roh).

“Kepada 14 anggota yang baru dinobatkan akan bekerja sesuai dengan AD/ART LLAD Kubar. Tugas utama mengawal hukum adat dan membantu masyarakat untuk melestarikan adat budaya agar tidak terkikis oleh modernisasi,” tukasnya.

Albinus Ali juga mengharapkan para sesepuh dan tokoh-tokoh adat Dayak di Kubar untuk membantu LAD. Terutama saran dan masukan, agar LAD Kubar mampu menjalankan tugas mulia itu dengan baik.

“Yaitu terkait dengan adat dan budaya. LAD siap mendukung program pemerintah maupun aparat penegak hukum dalam memberantas narkoba yang menghancurkan masyarakat,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I LAD Kubar, D Nerus T juga berpesan kepada pengurus LAD dan para siswa LAD yang baru diwisuda adat, agar mampu mengelola keberagaman untuk kebersamaan masyarakat di Kubar dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan Pancasila, dengan berpegang NKRI harga mati.

“Menjunjung tinggi norma adat istiadat enam subs etnis yang ada di Kubar. Yaitu Tunjung, Benuaq, Bahau, Oheng, Kenyah dan Melayu. Mari perkuat persatuan dan kesatuan masyarakat, majukan semua bidang kehidupan, sehingga Kubar akan mencapai kesejahteraan,” tandasnya.iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments