Jumat, Juni 25, 2021
BerandaRAT KONI Kubar Sukses, 25 Maret Gelar Musorlub
Array

RAT KONI Kubar Sukses, 25 Maret Gelar Musorlub

Kutai Barat, faktapers.id – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Anggaran (TA) 2019 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kaltim, telah dilaksanakan pada Senin (11/3/19) di Gedung TP-PKK Kabupaten Kubar di Sendawar. Acara itu dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekkab) Kubar, Yacob Tullur.

Bupati Kubar FX Yapan melalui Sekkab Yacob Tullur berpesan agar KONI Kubar kedepan mampu membawa nama daerah keajang nasional maupun internasional, dengan cara menguatkan kepengurusan KONI dan para atlet seluruh cabang olahraga (Cabor) yang ada.

“KONI sebagai induk olahraga diharapkan mampu membangun olahraga didaerah ini. Menguatkan seluruh lini, menggali potensi para atlet seluruh cabor, juga membentuk karakter sportivitas yang tinggi agar dapat mengharumkan Kabupaten Kubar,” ungkapnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) KONI Kubar, Stepanus Ujung SP mengungkapkan, RAT KONI Kubar TA 2019 yang dihadiri oleh para pengurus 35 cabor yang sudah terbentuk di Kubar yang merupakan anggota KONI Kubar.
Stepanus Ujung mengungkapkan, RAT KONI Kubar TA 2019 sukses, dan telah menghasilkan empat butir kesepakatan terkait dengan masalah pemilihan Ketum KONI Kubar untuk empat tahun mendatang, serta laporan pertanggungjawaban (LPj) keuangan KONI Kubar TA 2018.

“Dalam RAT itu anggota KONI Kubar dan segenap cabor melakukan sidang dan rapat, menghasilkan empat butir keputusan,” bebernya.

“Butir pertama keputusan, bahwa seluruh cabor menerima LPj program kerja dan laporan keuangan KONI Kubar tahun 2018 yang saat itu masih dipimpin Ketum Untung Surapati,” ujar Stepanus Ujung.

Selanjutnya yang kedua katanya, terbentuk tim penjaringan calon ketua umum KONI Kubar yang berjumlah 7 orang. Terdiri 3 orang dari unsur pengurus KONI Kubar, dan 4 orang dari perwakilan cabor.

“Butir ketiga disepakati tentang mekanisme penjaringan calon ketum yang sudah ditetapkan dalam RAT KONI Kubar. Butir keempat, KONI Kubar akan menyelenggarakan Musyawarah Olahraga Luar Biasa (Musorlub) pada 25 Maret 2019 untuk pemilihan Ketum baru KONI Kubaryang akan memimpin hingga 4 tahun kedepan,” bebernya.

Stepanus Ujung menyebut didalam RAT itu dibeberkan Laporan Keuangan KONI Kubar TA 2018 yang saat itu masih dipimpin oleh Ketum Untung Surapati.

“Pada 2018 KONI Kubar menerima hibah dari Pemkab Kubar (APBD Murni) sebesar Rp 4 miliar. Kemudian di APBD Perubahan 2018 kembali KONI Kubar mendapat kucuran dana sebesar Rp 4,9 miliar. Total anggaran yang diterima KONI Kubar pada 2018 sebesar Rp 8,9 miliar,” ungkapnya.
“Anggaran itu semuanya sudah digunakan dan disampaikan Surat Pertanggungjawabannya (SPj). Bahkan sudah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK), dan insha Allah semua aman,” tukas Stepanus.

Dia menambahkan, kucuran dana sebesar Rp 4,9 miliar dari APBD-P Kubar pada 2018 khusus digunakan untuk tim Kubar mengikuti Porprov VI Kaltim di Kabupaten Kutai Timur. Sedangkan anggaran sebesar Rp4 miliar kucuran dari APBD Murni Kubar 2018 digunakan untuk pembinaan seluruh cabor yang ada,” pungkasnya. iyd

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments