Kamis, Juni 17, 2021
BerandaRealisasi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat, Camat Marusu Gelar Musyawarah Antar Desa
Array

Realisasi Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat, Camat Marusu Gelar Musyawarah Antar Desa

Maros, faktapers.id – Dalam rangka pelaksanaan program desa, Kecamatan Marusu menggelar dua kegiatan, yakni Dana Amanah Pemberdayaan Masyarakat Unit Pengelolan Kegiatan (DAPM- UPK), dan juga Musyawarah Antar Desa tutup buku 2018, dan Musyawarah Antar Desa Perguliran 2019, Sabtu (23/3/19).

Perlu diketahui, Kabupaten Maros terdiri dari 14 kecamatan, salah satunya Kecamatan Marusu. Kecamatan Marusu adalah penyangga kabupaten di pesisir pantai.

Kecamatan Marusu memiliki banyak potensi, Kecamatan Marusu sendiri menaungi 7 Desa, Yaitu Desa Temmppa Duae, Desa Abulo Sibatang, Desa Pabentengan, Desa Bonto Matenne, Desa Tellupoccoe, Desa Nisombalia, dan Desa Marummppa.

Camat Marusu, A. Wandi Bangsawan

Camat Marusu, A. Wandi Bangsawan Putra, dalam sambutannya mengatakan, sangat mendukung kegiatan desa yang telah lama diprogramkan oleh pemerintah demi memajukan desa dan tidak lagi menjadi desa tertinggal.

Baca Juga Resmikan Pasar Badung, Jokowi Disambut Ribuan Penari

“Program inovasi desa tersebut adalah program pemerintah, yang sudah berjalan selama tiga tahun terakhir ini. Dalam program inovasi, dalam bentuk segala aspek agar semua dapat menui inovasi,” tuturnya.

Di beberapa desa yang berada di Kecamatan Marusu dapat merealisasikan inovasi desa di tahun 20018, realisasi anggarannya di 2019. Hasilnya, Desa Pabbentengang berinovasi meluncurkan Sport Centre yang dapat meningkatkan (PID) pengembangan inovasi desanya.

Sementara itu, Desa Nisombalia memiliki peningkatan inovasi desanya serta melakukan pemberdayaan warganya dan mengurangi tingkat pengangguran dengan inovasi, yakni memproduksi abon-abon ikan Bandeng yang melibatkan warganya dalam produksi dan penjualan abon-abon ikan Bandeng.

“Saya berharap kepada UPK Kecamatan Marusu terkait dalam kegiatan dana bergilir kelompok perempuan yang ada di Kecamatan Marusu bisa berjalan sesuai koridor yang ditentukan oleh pemerintah,” harap Camat Marusu.

Kabid PMD, Muh. Haris

Kabid Pemdes, Muh. Aris yang juga termasuk dalam salah satu Ketua Forum Badan Koordinasi (UPK) Unit Pengelolah Kegiatan Kabupaten Maros.

“Dana desa perlu digunakan sebagai mana peruntukannya yang telah ditentukan oleh aturan-aturan. Kepada seluruh kelompok-kelompok dan Bumdes yang telah dibentuk oleh desa yaitu melakukan pengelolaan yang betul-betul sesuai aturan,” ungkapnya. Hamzan

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments