Minggu, Juni 13, 2021
BerandaResmi! Anies Sodorkan Dua Nama Cawagub ke Ketua DPRD DKI
Array

Resmi! Anies Sodorkan Dua Nama Cawagub ke Ketua DPRD DKI

Jakarta, faktapers.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akhirnya mengajukan dua calon nama pengganti Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno yang kini sebagai Calon Wakil Presiden dari pasangan Capres Prabowo Subianto.

Anies mengusulkan kedua nama tersebut kepada Ketua DPRD DKI Jakarta dengan nomor surat: 1991/-1.862 tanggal 1 Maret 2019, yang juga ditembuskan kepada Menteri Dalam Negari.

Dalam surat itu, kedua nama yang diusulkan yakni H. Agung Yulianto S.E., A.K., M.kom., dan H. Ahmad Syaikhu.

Kedua nama itu wajib diusulkan Anies berdasarkan Pasal 176 ayat (2) UU No 10 tahun 2016, yang berbunyi, “Partai politik atau gabungan partai politik pengusung mengusulkan dua calon Wakil Gubernur kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melalui Gubernur untuk dipilih dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Daerah Khusus Ibukota”.

Agung Yulianto
H. Agung Yulianto S.E., A.k., M.Kom., merupakan salah satu calon anggota legislatif dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) daerah pemilihan Bangka Belitung. Pria kelahiran Jepara, 13 Juli 1969 ini merupakan lulusan S1 Fakultas Ekonomi UI Jurusan Akuntansi dan S2 Pascasarjana UI Fasilkom Jurusan Magister TI.

Agung juga dikenal sebagai pengusaha sukses dan telah menetap di DKI Jakarta sejak berumur lima tahun.

Agung Julianto juga dikenal sebagai presiden Direktur Jaringan Bisnis Online Halal Network Indonesia (HNI) yang berada di bawah naungan PT Herba Penawar Alwahida Indonesia (HPAI).

Salah satu Cawagub DKI itu juga mantan auditor Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan pengusulannya diharapkan bisa menjaga transparansi anggaran serta mewujudkan good governance.

Saat ini, pria berumur 49 tahun itu menjabat Sekretaris Umum DPW PKS DKI Jakarta, yang juga ikut dalam proses pemenangan Anies-Sandi pada Pilkada 2017. Agung juga merupakan lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Ahmad Syaikhu
Ahmad Syaikhu adalah politisi PKS yang juga mantan Wakil Walikota Bekasi. Tahun lalu, dia diusung PKS bersama partai koalisi sebagai calon Wakil Gubernur Jawa Barat.

Dia pernah menjabat anggota DPRD Bekasi pada 2004. Setelah itu ia ‘naik kelas’ duduk di DPRD Jabar periode 2009-2013.

Syaikhu memiliki pengalaman birokrasi sebagai Wakil Wali Kota Bekasi ketika mendampingi Rahmat Effendi memenangkan Pilkada Bekasi pada 2012.

Ahmad Syaikhu menamatkan pendidikan dari tingkat SD sampai dengan SMA di Cirebon, sedangkan tingkat sarjana diselesaikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Dia juga mantan auditor BPKP Sumatera Selatan periode 1986-1989; lalu mantan auditor BPKP Pusat periode 1989.

Pengalaman dalam berorganisasi, Ahmad Syaikhu pernah menjabat Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Barat dan Ketua Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia (Perbakin) Kota Bekasi.fp01

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments