Headline

Kepengurusan Ikentim Kubar Periode 2018-2022 Resmi Dilantik dan Diambil Sumpah

2298
×

Kepengurusan Ikentim Kubar Periode 2018-2022 Resmi Dilantik dan Diambil Sumpah

Sebarkan artikel ini
WhatsApp Image 2019 04 08 at 09.25.41

Kutai Barat, faktapers.id – Secara resmi kepengurusan Ikatan Keluarga Nusa Tenggara Timur (Ikentim) Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kaltim, masa bakti 2018-2022 telah dikukuhkan melalui pelantikan oleh Dewan Sepuh, Minggu (7/4/19), di Gang Florida, Kampung Ombau Asa, Kecamatan Barong Tongkok, Sendawar, Kubar.

Acara pengukuhan dan pelantikan itu hikmat dan penuh rasa kekeluargaan serta kebersamaan, sesuai tema acara “Merajut Persatuan Di Tanaa Purai Ngeriman, Untuk Hari Esok Yang Lebih Baik”.

Prosesi pelantikan diawali pembacaan SK Dewan Sepuh, berlanjut pengambilan sumpah oleh Sekretaris Dewan Sepuh, Ambrosius Ndopo. Kemudian penyerahan Bendera Petaka Ikentim oleh Dewan Sepuh kepada Ketua Umum Ikentim dan diakhiri penandatanganan berita acara pelantikan, disaksikan langsung oleh Asisten III Sekkab Kubar Asrani B mewakili Bupati Kubar FX Yapan SH. Juga hadir Anggota DPRD Kubar Hilarion, Ketua DPD KNPI Kubar FX Sumardi, serta sejumlah unsur Muspida, Muspika Barong Tongkok dan perangkat Kampung Ombau Asa.

WhatsApp Image 2019 04 08 at 09.26.05Sekretaris Dewan Sepuh Ikentim Kubar, Ambros Ndpo dalam sambutannya, menitipkan pesan agar pengurus Ikentim Kubar periode 2018-2022 yang baru terpilih mampu menjalankan amanah, yakni sebagai orang tua bagi ribuan warga NTT yang ada di Kubar.

“Kita bergembira ketua kita sudah dilantik, tetapi dipundak beliau ada sejumlah pekerjaan rumah terutama persoalan warga NTT. Namun untuk keberhasilan, selama 3 tahun kedepan perlu dukungan kita bersama. Pak Alo (panggilan akrab Aloysius Eo, Red,-), hari ini bapak sudah jadi orang tua kami semua warga NTT di Kubar, selamat bekerja,” ungkapnya.

Ketua Umum Ikentim Kubar periode 2018-2022 yang baru dilantik dan diambil sumpah, Aloysius Eo, dalam sambutannya mengajak warga Ikentim menjaga kerukunan antar etnis di Kabupaten Kubar. Karena pada dasarnya, warga Ikentim adalah orang Kubar yang secara kebetulan berasal dari NTT.

WhatsApp Image 2019 04 08 at 09.26.31“Pegang teguh prinsip ‘Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung’. Melalui pepatah orang NTT yang berbunyi ‘Api Ata Ola Hege, Air Ata Ola Neni’. Artinya, kita mempunyai tanggungjawab untuk menjadikan hidup bersama dibumi ini semakin baik, saling memberi api dan air, tolong menolong, gotong royong, menghormati, serta menghargai,” katanya.

“Saya yakin warga Ikentim Kubar akan bisa menjadi contoh paguyuban yang sopan dan santun serta bersahabat dengan suku lain, merupakan satu kesatuan masyarakat dalam membangun Kabupaten Kubar yang aman dan kondusif,” tegasnya.

Aloysius Eo yang merupakan putra kelahiran Nagekeo, Flores, NTT ini menegaskan bahwa, Ikentim Kubar tidak akan dibawa kejalur politik praktis. Namun demikian menurutnya, warga dari bumi Flobamora diminta untuk ikut menyukseskan berbagai agenda pembangunan serta pesta demokrasi sesuai undang-undang yang berlaku di NKRI.

“Saya mengajak seluruh warga Ikentim Kubar agar menggunakan hak pilih, jangan golput atau tidak memilih dalam Pemilu 17 April 2019 nanti,” pintanya.

WhatsApp Image 2019 04 08 at 09.26.18Sementara itu, Bupati Kubar FX Yapan SH dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Asisten III Sekkab Kubar Asrani.B mengajak seluruh warga NTT yang ada di kubar untuk berkontribusi dalam pembangunan derah.

“Terutama ekonomi kerakyatan. Menjaga persatuan dan kesatuan serta tidak terpecah belah di tahun politik ini,” ucap Asrani.

“Tentu paguyuban ini tidak memandang agama, latar belakang ekonomi atau pendidikan namun lebih pada komitmen bersama untuk menjaga suasana kondusif, dalam tatanan kehidupan masyarakat. Saya himbau jangan ada perpecahan, dualisme dan pengkotak-kotakan dalam organisasi ini,” urainya.

Bupati berharap seluruh elemen di Kubar, termasuk Paguyuban Ikentim Kubar, lebih responsiv dalam pembangunan. Yaitu giat melakukan pemberdayaan ekonomi kerakyatan, tanggap terhadap berbagai persoalan.

“Mari bersama memberantas peredaran narkoba. Karena efek narkoba negativ. Juga mengantisipasi kemajuan teknologi dan memerangi paham ekstrem yang dapat merusak martabat sebagai seorang Pancasilais. Tahun ini adalah tahun politik, saya pesan tetap jaga persatuan dan kesatuan jangan karena beda pilihan menimbulkan perpecahan dikalangan warga bahkan keluarga,’’ pesan Bupati FX Yapan.

WhatsApp Image 2019 04 08 at 09.27.19Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikentim Kubar disahkan melalui SK Dewan Sepuh Nomor : 01/KEP-DS/IKENTIM KUBAR/III/2019 Tentang Pengesahan Pengurus DPP (Ikentim Kubar) Masa Bhakti 2018 – 2022.

Adapun struktur pengurus terdiri dari Pelindung/Pembina yakni Bupati Kubar, Kapolres, Dandim 0912 serta Ketua DPRD Kubar.

Kemudian dewan sepuh terdiri dari 16 orang yang mewakili 21 kabupaten/kota asal Provinsi NTT yang diketuai P.Hendrikus Nuwa, SVD, Wakil Ketua Ambrosius Ndopo, S.Ag, Sekretaris Adolfus Pontus, S.Hut, M.Si.

Struktur Pengurus Harian Ikentim Kubar terdiri dari, Ketua Umum Aloysius Eo, Wakil Ketua Umum Heribertus, Sekretaris Umum Marcelinus Muklis CN, serta Bendahara Umum Karlus K. Kiik. Pengurus DPP nantinya akan dibantu 16 Koordinator Kabupaten serta 13 Seksi.

Perlu diketahui, jumlah warga NTT di Kabupaten Kubar saat ini berkisar 29.000 jiwa atau sebanyak 9.600 Kepala Keluarga yang tersebar di 16 kecamatan se-Kubar. iyd

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *