Minggu, Juni 13, 2021
BerandaPanglima Kolinlamil Hadiri Apel Gelar Pasukan Satgas PAM Pemilu 2019
Array

Panglima Kolinlamil Hadiri Apel Gelar Pasukan Satgas PAM Pemilu 2019

Jakarta, faktapers.id – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., menghadiri apel gelar pasukan Satgas Pengamanan Pemilu 2019 Kotama ops TNI AL wilayah Jakarta di Dermaga JICT II (Jakarta International Container Terminal) Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (1/4).

Panglima Kolinlamil hadir mendampingi Panglima Komando Armada I dalam apel gelar pasukan tersebut untuk melihat secara langsung kesiapan satuan tugas pengamanan pemilu 2019 Kotama Ops TNI AL di wilayah Jakarta yang melibatkan Koarmada I dan Kolinlamil.

Penyiapan Satgas Pam Pemilu 2019 ini sengaja dibentuk, untuk mengantisipasi perkembangan situasi nasional yang berpotensi terjadi sebagai dampak dari Pemilu 2019.

Dalam pelaksanaannya Satuan Tugas ini disiapkan guna perbantuan kepada pemerintah atau kepolisian. Hal ini merupakan bagian dari tugas pokok TNI dalam OMSP (Operasi Militer Selain Perang).
Kemungkinan ancaman yang akan timbul akibat dari pemilu ini adalah gesekan antar massa pendukung yang dapat menyebabkan konflik horisontal ataupun komunal.

Oleh karena itu selaku Kotama Ops TNI di wilayah Jakarta Kolinlamil juga dituntut untuk berperan aktif dalam menyiapkan pasukan pengamanan guna perbantuan kepada pemerintah dan kepolisian bila diperlukan.

“Tentunya kita berharap pasukan ini tidak digunakan sampai dengan penetapan Presiden dan legislatif terpilih, yang artinya bahwa pesta demokrasi ini berjalan dengan aman dan lancar,” kata Panglima Kolinlamil usai menghadiri gelar pasukan tersebut.

Adapun gelar pasukan yang dilaksanakan bertujuan untuk mengecek tingkat kesiapan, personel dan materil Satgas Pam Pemilu 2019. velly

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments