Rabu, Juni 23, 2021
BerandaRayakan Ulang Tahun Gmail ke-15, Ini yang Disampaikan Bos Google
Array

Rayakan Ulang Tahun Gmail ke-15, Ini yang Disampaikan Bos Google

Jakarta, faktapers.id – Dalam rangka ulang tahun Gmail ke-15 pada Senin (1/4/19) kemarin, dalam blog resminya Google kembali mengenang kemunculan Gmail pertama kali pada 1 April 2004 lalu.

CEO Google, Sundar Pichai melalui akun Instagram pribadinya turut mengenang kemunculan awal Gmail 15 tahun silam. Dalam unggahannya, Pichai menyebut kemunculan Gmail bukan lelucon April Mop.

“Gmail kini berusia 15 tahun, bukan lelucon. Terima kasih kepada 1,5 juta pengguna di seluruh dunia atas dukungannya,” tulis Pichai dalam unggahannya.

Di hari jadi ke-15, Google kilas balik saat pertama kali merilis layanan surel (email).

Baca Juga  Tingkatkan Keselamatan Penerbangan, BMKG Luncurkan Sistem AWOS ‘Made in Indonesia’

Manajer produk senior Gmail, Tom Holman mengenang di awal kemunculannya Google harus ‘berjuang’ memberantas pesan spam yang mendominasi kotak masuk.

“Kami membuat Gmail untuk mengatasi masalah ini [spam] dan kini berkembang menjadi produk yang diandalkan oleh 1,5 miliar pengguna untuk menyelesaikan segala hal setiap harinya,” tulis Holman dalam blog Google.

Saat pertama dirilis, Gmail memboyong fitur ‘penelusuran’ dan pengelompokan pesan. Dengan cara ini, pengguna bisa lebih mudah menemukan dan membalas setiap pesan yang masuk.

Baca Juga  Mudah dan Singkat, Berikut Panduan Membuat SIM Internasional

Google mengungkapkan, pada pertengahan 2000-an surel spam menjadi masalah serius yang kerap dikeluhkan penggunanya. Gmail kemudian memblokir pesan spam sebelum ‘menginvasi’ kotak masuk.

Disamping itu, pengguna juga bisa melaporkan pesan yang diduga sebagai spam ketika menerimanya. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini mengklaim pihaknya telah memblokir hampir 10 juta pesan spam setiap menit.

“Selama bertahun-tahun kami telah meningkatkan kemampuan penyaringan pesan spam dengan kecerdasan buatan dan hari ini, AI telah membantu kami memblokir hampir 10 juta surel spam per menitnya,” tulis Holman. iha

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments