Temukan Planet Mati, Ilmuwan: Gambaran Kiamat Bumi

×

Temukan Planet Mati, Ilmuwan: Gambaran Kiamat Bumi

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Dalam sebuah studi baru yang dirilis Kamis (4/4/19), para ilmuwan mengatakan, mereka telah menemukan salah satu fragmen planet kecil pertama di orbit di sekitar bintang kerdil putih yang mati. Suatu penemuan yang menyoroti tahun-tahun akhir sistem planet.

Baru-baru ini, ketika meneropong ke luar angkasa, para astronom melihat sebuah fragmen mengorbit dari planet mati yang hancur. Temuan itu bisa menjadi pratinjau nasib akhir Bumi saat hari kiamat nanti, demikian dikutip dari laman usatoday, Jumat (5/4/19).

Menurut space.com, potongan planet yang baru ditemukan itu kemungkinan merupakan bagian dari dunia yang hancur selama pergolakan kematian bintang tersebut. Potongan itu bahkan mungkin merupakan bagian dari inti planet yang hancur.

Penelitian itu menyatakan bahwa setiap bagian dari planet, sekecil apapun, dapat bertahan begitu dekat dengan gravitasi yang sangat kuat.

Baca Juga  Cari Asal-Usul Kehidupan di Bumi, Badan Antariksa Jepang Bakal Ledakan Asteroid?

Laman livescience menjelaskan, potongan yang mengorbit di sekitar bintang kerdil putih setiap dua jam harus padat dan diameternya tidak lebih dari 250 mil untuk menghindari terkoyak oleh gaya gravitasi bintang. Termasuk bintang mati dan planet berada di dalam galaksi Bima Sakti sendiri, sekitar 410 tahun perjalanan cahaya dari Bumi.

Nasib bintang dan planetnya memberikan gambaran serius tentang masa depan Tata Surya, seperti dikutip science magazine. Diperkirakan bahwa ketika matahari membengkak menjadi raksasa merah, Matahari akan menghancurkan Merkurius, Venus, dan Bumi.

Planet-planet kemudian akan menyusut menjadi planet kerdil putih mati, mirip dengan yang baru ditemukan itu. Bukan pemikiran yang bagus, tapi para peneliti memiliki sekitar 6 miliar tahun untuk merenungkan nasib Bumi dan Kiamat. iha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *