Headline

Rektor Universitas Muslim Maros Sambangi P3E Suma

×

Rektor Universitas Muslim Maros Sambangi P3E Suma

Sebarkan artikel ini

Maros, faktapers.id – Pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi di satu sisi, dan sumber daya alam yang tidak bertambah di sisi yang lain, mewajibkan kita melakukan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dengan memperhatikan kaidah-kaidah konservasi dan pengelolaan lingkungan hidup untuk masa kini dan nanti.

Oleh karena itu, berbagai langkah pengembangan kebijakan dan program kedepan harus betul-betul telah memperhitungkan aspek-aspek lingkungan hidup. Tata kelola lingkungan hidup dan kehutanan tersebut meliputi aturan, regulasi, penerapan, dan institusinya yang membentuk interaksi antara manusia dan lingkungan.

Hal tersebut disampaikan Kepala P3E Sulawesi dan Maluku, Dr. Darhamsyah yang saat menerima kunjungan Rektor Universitas Muslim Maros (UMMA) Prof. Nurul Ilmi Idrus, Ph.D Bersama rombongan di kantornya di Sudiang dalam penuh keakraban.

“Perguruan tinggi seperti Universitas Muslim Maros berperan besar dalam menyampaikan pesan-pesan konservasi alam dan pelestarian lingkungan hidup di kampusnya,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Maros sebagai penyangga Kota Makassar memiliki fenomena alam khas berupa bentang alam karst terbaik di Asia Tenggara.

Rektor UMMA Prof. Nurul Ilmi Idrus, menyatakan bahwa saat ini kampusnya sedang mengembangkan green campus dan eco campus sebagai upaya pelestarian lingkungan hidup dan konservasi yang berbasis pada kearifan lokal.

“Kepedulian terhadap alam dan lingkungan hidup harus terus kita kampanyekan. Leluhur kita juga di masa lampau telah mengajarkan sejumlah tanaman yang dapat dijadikan sumber makanan sehat, tidak merusak lingkungan, dan untuk kebutuhan sandang. Misalnya kelapa, aren, sagu, pinang, dan bambu,” ujar rektor lebih lanjut.

“Kami berharap UMMA dapat menjadi leader dalam pengembangan green campus dan eco campus di Sulawesi Selatan, sinergisitas antara pemerintah dan perguruan tinggi mesti terus dibangun untuk pengelolaan lingkungan hidup dan konservasi alam kita karena kita butuh lingkungan hidup yang nyaman. Kearifan lokal yang diwariskan oleh leluhur kita dalam segala aspek kehidupan harus kita teruskan” tambah Darhamsyah mengakhiri silaturahmi ini. Selasa (14/5/19).

Sumber: Kepala Sub Bidang Hutan dan Hasil Hutan, Mustari Tepu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *