oleh

Agus Istiqlal: Puskesmas Organisasi Kesehatan Fungsional

Pesibar, faktapers.id – Bupati Pesisir Barat (Pesibar) Agus Istiqlal menghadiri sekaligus meresmikan gedung baru Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (UPT Puskesmas) Krui, Kecamatan Pesisir Tengah, Selasa (25/6/19).

Dalam sambutannya, Agus menyampaikan bahwa puskesmas adalah suatu organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan kesehatan masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat.

“Di samping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok dan merupakan UPT Dinas Kesehatan kabupaten/kota yang bertanggung jawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di wilayah kerja setempat,” kata Agus.

Kemudian, lanjut dia, untuk pelayanan kesehatan yang diberikan puskesmas merupakan pelayanan yang menyeluruh yang meliputi pelayanan kuratif (pengobatan), preventif (pencegahan), promotif (peningkatan kesehatan), dan rehabilitatif (pemulihan kesehatan).

“Pelayanan tersebut ditujukan kepada semua penduduk dengan tidak membedakan jenis kelamin dan golongan umur,” ucapnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Pesibar itu menjelaskan bahwa pusat pelayanan kesehatan strata pertama berada di puskesmas. “Artinya Puskesmas bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan tingkat pertama secara menyeluruh, terpadu dan berkesinambungan,” jelasnya.

Kemudian puskesmas juga mempunyai peran yang sangat vital sebagai institusi pelaksana teknis, dituntut memiliki kemampuan manajerial dan wawasan jauh ke depan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Dengan telah dibangunnya gedung UPT Puskesmas Krui ini, diharapkan mampu melayani masyarakat diwilayah kerjanya dengan baik untuk bisa mengayomi, membimbing, dan mengarahkan masyarakat, mengenai betapa pentingnya memelihara kesehatan sejak dini. Sebab suatu penyakit dianjurkan lebih baik mencegah dari pada mengobati,” harapnya.

Selanjutnya, Agus juga menghimbau kepada seluruh petugas, baik dari tenaga administrasi sampai ke tenaga medis yang berada di Kabupaten Pesisir Barat untuk berkelakuan baik, sopan, ramah dalam bertutur kata, fungsikan diri sebagai pelayan bukan sebagai raja.

“Ingat kita sudah disumpah untuk mengabdi dan melayani serta mengayomi masyarakat dengan baik demi terwujudnya pembangunan manusia seutuhya,” terang dia.

Agus mengatakan, untuk mewujudkan pembangunan manusia seutuhnya tentunya pemerintah telah melakukan berbagai upaya salah satunya pada kesempatan ini pemerintah kabupaten Pesisir Barat pada tahun anggaran 2019 telah memberikan bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS), Penerima Bantuan Iuran (PBI) dengan jumlah 21.676 kartu dan telah didistribusikan di sebelas kecamatan se-Kabupaten Pesisir Barat jelasnya.

Maka terkait dengan hal tersebut diharapkan kepada penerima kartu agar dapat memanfaatkannya, sesuai dengan fungsi dan kebutuhannya secara maksimal.

Agar terwujud kabupaten sehat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan sumber daya manusianya yang dapat menunjang untuk kemajuan Kabupaten Pesibar yang madani, mandiri, dan sejahtera.

Turut hadir Wakil Bupati Erlina, S.P., M.H, Kepala BPJS Krui, Danramil Pesisir Tengah, seluruh kepala OPD, seluruh kepala puskesmas. Edi

Komentar

News Feed