Kamis, Agustus 5, 2021
BerandaKalimantanBupati Buka Acara Manasik Haji di Kantor Kemenag Kab Melawi

Bupati Buka Acara Manasik Haji di Kantor Kemenag Kab Melawi

Melawi, faktapers.id – Menjelang keberangkatan calon jamaah haji tahun 2019 M/1440 H, Kementerian Agama Kabupaten Melawi menyelenggarakan manasik haji di aula kantor tersebut bersama para calon jamaah haji.

Tujuan dari acara itu agar para jamaah selama berada di tanah suci bisa menjalankan ibadah dengan penuh khusuk, dan bisa memahami sepenuhnya apa yang menjadi rukun haji, serta apa yang menjadi larangan saat melaksanakan ibadah haji sejak berangkat hingga kepulangannya. Selain itu pula kegiatan manasik merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan setiap tahun oleh Kementerian Agama menjelang musim haji.

Saat di temui wartawan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Melawi H. Abdul bar S.Ag.M.Pd. memberikan keterangan terkait dengan proses manasik yang dibuka langsung oleh Bupati Melawi Panji S.Sos, Rabu (19/06) dan akan berakhir (23/06).

“Ini sebetulnya gawai pemda bersama Kemenag dan sebenarnya akan kami selenggarakan di aula pendopo Bupati, tapi dikarena aula tersebut masih digunakan untuk kegiatan lain sehingga sementara kami lalukan di aula Kemenag selama dua hari, dan seterusnya akan dilanjutkan di aula pendopo Bupati kembali,” ujarnya.

Berkaitan dengan jumlah calon jamaah haji saat ini yang mengikuti manasik berjumlah 101 orang ditambah jamaah lansia sebanyak lima orang dan penambahan satu orang lagi serta satu orang dari TPHD. Sehingga jumlah jamaah haji Kabupaten Melawi mencapai 109 orang.

“Sementara calon jamaah haji Kabupaten Melawi yang harus menunggu sepuluh tahun, terhirung sampai tahun 2030, meskipun ada penambahan kuota,” papar Abdul bar. skn

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments