oleh

Bupati FX Yapan Tinjau Langsung Pilkam Serentak di Sejumlah Kampung Hari Ini

Kutai Barat, faktapers.id – Pemilihan Kepala Kampung (Pilkam) Serentak telah dilaksanakan oleh 38 kampung dari 190 kampung di Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kaltim, Kamis (27/6/19).

Bupati Kubar FX Yapan, S.H, yang meninjau langsung sejumlah kampung di kecamatan yang menyelenggarakan Pilkam tersebut mengatakan, kondisi kamtibmas kondusif, tidak ada gejolak dan gangguan kamtibmas.

“Saya memantau langsung sejumlah kampung yang melaksanakan Pilkam di Kecamatan Melak, Sekolaq Darat, dan Barong Tongkok. Animo masyarakat pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) cukup tinggi,” terang FX Yapan, bergelar Tumenggung Singa Praja kepada wartawan di Sendawar, siang tadi.

Bupati mengatakan bangga melihat kondisi kamtibmas yang aman, tentram, dan damai. Menurutnya masyarakat sudah sangat paham tentang Pilkam, yakni memilih sesuai hati nurani calon petinggi/ calon kepala kampung dibilik suara.

“Iya mereka (masyarakat) memilih sesuai hati nurani calon kepala kampung harapannya yang dianggap bisa membawa kesejahteraan masyarakat. Yang bisa berkomunikasi dengan pemerintah kecamatan dan juga Pemkab,” beber Tumenggung Singa Praja, didampingi Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan.

Dia menegaskan, animo masyarakat cukup besar datang ke TPS dalam Pilkam ini. Hal itu menurutnya menandakan demokrasi berjalan sangat baik di Kubar. Bupati berharap, Pilkam Serentak periode ke-3 yang dilaksanakan Kubar pada 2019 ini dapat menjadi barometer dan contoh kedepan bagi kampung lainnya yang akan melaksanakan Pilkam Serentak.

“Semuanya mengikuti aturan dan UU yang berlaku. Saya yakin sukses Pilkam Serentak ini akan menuai hasil maksimal. Untuk membawa kesejahteraan masyarakat menuju Hari Esok Yang Lebih Baik Daripada Hari Ini,” Tandas Tumenggung Singa Praja.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kubar, Faustinus Syaidirahman turut mendampingi bupati memantau pelaksanaan Pilkam Serentak dibeberapa kecamatan mengakui, perhelatan pesta demokrasi tingkat kampung/desa di Kubar berjalan sangat baik dan normal.

“Sebelumnya para calon petinggi sudah menandatangani MoU siap menang dan siap kalah. Jika dalam Pilkam Serentak ternyata tidak sesuai harapan atau tidak terpilih, mereka sudah sepakat siap menerima kenyataan dan bersama menjaga kondusifitas,” katanya.

Menurutnya, Pilkam Serentak 2019 semula akan dilaksanakan oleh 39 dari 194 kampung dan kelurahan di 11 kecamatan di Kubar pada 27 Juni 2019. Tetapi 1 kampung di Kecamatan Bentian Besar ditunda pilkadesnya. Sehingga yang mengikuti pilkades pada 27 Juni 2019 hanya 38 kampung.

“Kampung Tende di Kecamatan Bentian Besar ditunda Pilkamnya. Karena hingga akhir masa penjaringan, para bakal calon kades tidak bisa memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Untuk diketahui, 11 kecamatan yang sejumlah kampungnya mengikuti Pilkam Serentak 2019 yakni Bongan, Jempang, Penyinggahan, Siluq Ngurai, Mook Manar Bulatn, Muara Pahu, Muara Lawa, Damai, Bentian Besar, Tering, dan Long Iram. Iyd

Komentar

News Feed