Minggu, April 11, 2021
BerandaData Polri: Tiap Hari, 48 Pesepeda Motor Meninggal Akibat Kecelakaan
Array

Data Polri: Tiap Hari, 48 Pesepeda Motor Meninggal Akibat Kecelakaan

Jakarta, faktapers.id – Jalan raya di Indonesia masih memiliki catatan kelam. Setiap hari kita disodori fakta bertumbangannya pengendara akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

Berdasarkan data Korps Lalu Lintas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Korlantas Polri), pada 2018, setiap hari, rata-rata terjadi 298 kasus kecelakaan. Ironisnya, kecelakaan demi kecelakaan itu merenggut 81 orang per hari.

Dari jumlah korban meninggal dunia tersebut, tahukah kita bahwa sekitar 59 persen adalah para pesepeda motor. Artinya, setiap hari, rata-rata 48 orang pengguna sepeda motor meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas jalan.

Masih merujuk dari data yang sama, kondisi 2018 dibandingkan dengan 2017 terlihat bahwa jumlah pengguna sepeda motor yang meninggal menyusut sekitar 4,16 persen.

Hal serupa terlihat dari sisi pengguna sepeda motor yang menderita luka berat akibat kecelakaan di jalan. Tahun 2018, jumlah korban luka berat dari kalangan pesepeda motor anjlok sekitar 7 persen dibandingkan dengan 2017. Namun, mereka yang menderita luka ringan justeru melonjak sekitar 9 persen.
Jumlah penurunan pengendara sepeda motor, baik pengemudi dan penumpangnya yang meninggal dunia sempat tercatat juga pada 2017 jika dibandingkan dengan 2016. Kala itu penurunannya tipis, yakni sekitar 1 persen.

Semoga tingkat keselamatan pengguna sepeda motor kian membaik pada 2019. Tentu saja diawali dengan mendongkrak kesadaran pesepeda motor tentang pentingnya berlalu lintas jalan yang aman dan selamat. Terus meningkatkan cara berkendara rendah risiko. Salah satunya, lewat senantiasa fokus dan waspada saat berkendara guna terus mempertahankan konsentrasi. fp02 (Viva)

 

 

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments