oleh

Eks Pabrik Semen Tonasa Bakal ‘Disulap’ Jadi Wisata Pendidikan dan Petualangan Berskala Internasional

Pangkep, faktapers.id – PT Semen Tonasa Persero akan mengembangkan aset puluhan hektar eks Pabrik Semen Tonasa menjadi destinasi wisata pendidikan dan wisata petualangan berskala Internasional.

Hal itu disampaikan GM of Human Capital PT Semen Tonasa, Abdul Rachmat Noer saat mengunjungi area pelaksanaan Kemah Pencinta Alam se-Sulawesi, Minggu (23/6/19) di eks Pabrik Semen Tonasa, Kabupaten Pangkep.

Rachmat menjelaskan, konsep pengembangan destinasi Wisata Tonasa Park ini akan menjadikan lahan mati seluas 20 hektar menjadi objek wisata yang produktif dengan memberdayakan masyarakat sekitar.

Dari sisi pemberdayaan masyarakat, Rachmat mengutarakan, pengelolaan Tonasa Park untuk saat ini diserahkan kepada anak perusahaan PT Semen Tonasa yaitu PT Tonasa Tour and Travel.

“Namun dalam pengembangan dan operasionalnya, Tonasa Tour and Travel ini menggandeng masyarakat di sekitar lokasi Tonasa Park, terutama para pensiunan yang masih tinggal di sekitar kompleks ini,” katanya.

Ia berharap, Tonasa Park nantinya bisa menjadi kebanggaan seluruh masyarakat Sulawesi Selatan, apalagi sudah memiliki blue print untuk menjadi salah satu ikon Sulsel yang bisa dimanfaatkan seluruh komunitas-komunitas termasuk anak sekolah dan kelompok pencinta alam.

Tahun 2018 lalu, Gubernur Sulsel sudah mendatangi lokasi Tonasa Park ini, di mana sudah dibangun 12 objek seperti spot mancing, arena off-road, perpustakaan mini, pengembangan usaha kecil, serta bekas pabrik yang juga akan dijadikan sarana pendidikan bagi warga lokal. Hamzan

Komentar

News Feed