Rabu, Juli 28, 2021
BerandaHarga Ayam Anjlok, Mentan Amran Tuding Ada Broker
Array

Harga Ayam Anjlok, Mentan Amran Tuding Ada Broker

Jakarta, faktapers.id – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menduga ada peran broker di balik anjloknya harga ayam potong di sejumlah daerah di Jawa. Pihaknya sudah menerjunkan tim untuk menelusuri broker tersebut.

“Menurut laporan sementara, kami menunggu lagi laporan ini, katanya ada broker yang bermain,” ujarnya saat mengunjungi Loka Penelitian Sapi Potong di Kabupaten Pasuruan, Jumat (28/6/19).

Amran menyebut, ada disparitas yang sangat tinggi antara harga ayam potong di kalangan peternak dan di pasaran. Menurutnya, harga ayam di kalangan peternak berkisar Rp 6 ribu hingga Rp 10 ribu per kilogram.

Padahal, di tingkat konsumen harga ayam potong masih tinggi, yaitu berkisar Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu. Dengan begitu, ada mata rantai distribusi yang sangat panjang yang menyebabkan disparitas harga ayam potong.

“Disparitas terjadi di tingkat peternak kecil harganya Rp 8.000 kan, ada Rp 10.000, ada yang mengatakan Rp 6.000 dan seterusnya. Tetapi di konsumen tetap Rp 30.000, Rp 32.000, Rp 35.000 bahkan ada Rp 40.000. Berarti ada yang tidak benar nih,” bebernnya.

Terjunkan Tim Pemantau

Amran mengaku sudah menerjunkan semua timnya untuk memantau anjloknya harga ayam potong di kalangan peternak. Tim itu diterjunkan di sentra penghasil ayam potong. Yakni di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat hingga Lampung.

“Pasti kami nanti terima laporan, menunggu laporan lengkap dari tim. Tim ini turun di sentra – sentra produksi ayam Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Lampung,” katanya.

Layaknya mafia pangan lainnya, Amran berjanji akan menindak tegas broker yang mempermainkan harga ayam potong.

“Kami akan beri sanksi yang bermain-main. Kami tindak tegas. Seperti mafia-mafia lainnya, bawang putih, beras dan seterusnya. Ada 400 yang tersangka. Kami proses hukum 782 perusahaan,” katanya.

Sementara itu, sejumlah peternak di berbagai daerah protes karena harga ayam potong anjlok. Di Yogyakarta, peternak bahkan membagi-bagikan ayam secara gratis untuk merespon anjloknya harga ayam. fp02 (Kompas)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments