oleh

Kodam IX/Udayana Sambung Wirasa dengan Insan Pers

Bali, faktapers.id – Menjalin komunikasi yang baik dengan berbagai elemen masyarakat merupakan bagian dari upaya strategis yang dilakukan oleh TNI, khususnya di lingkungan Kodam IX/Udayana untuk menjaga kondusifitas dan keamanan. Salah satunya sinergi dan kolaborasi yang dilakukan dengan insan pers yang ada di Bali.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana  (Wakapendam), Letkol Inf. Leo Handoko S.Sos, dalam sambutannya saat acara Sambung Wirasa yang digelar oleh Penerangan Kodam IX/Udayana bersama insan pers Bali, bertempat di Warung 63, Jalan Veteran, Denpasar, Rabu (26/6/19).

Sambung Wirsa atau Simakrama tersebut sekaligus menjadi ajang perkenalan Letkol Leo Handoko kepada insan jurnalis yang ada di Bali, mengingat dirinya baru menjabat sebagai Wakapendam terhitung sejak Bulan Maret yang lalu. Letkol Leo Handoko mengatakan Sambung Wirasa ini bertujuan untuk menjaga dan semakin mempererat ikatan persaudaraan antara TNI dan Pers khususnya di Bali.

“Sebelumnya saya sudah malang melintang di sini (Lingkungan Kodam IX/Udayana), sebelumnya saya bertugas di Kasiter Korem, kemudian pernah 5 tahun di Kupang, terakhir di Rindam, dan Bulan Maret kemarin masuk Wakapendam, melalui acara ini saya ingin berkenalan dengan Bapak/Ibu semuanya, kedepan saya harap kita bisa terus bersinergi,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut puluhan jurnalis dari berbagai media yang ada di Bali. Dan, turut hadir juga Ikatan Media Online Indonesia Provinsi Bali (IMO-Indonesia DPW Bali), yg diwakili oleh Plt. Ketua IMO-Indonesia DPW Bali, Tri Vivi Suryani bersama perwakilan beberapa anggota IMO-Indonesia DPW Bali.

Vivi, panggilan akrabnya, mengapresiasi kegiatan Sambung Wirasa atau Simakrama yang dilakukan oleh Kodam IX/Udayana, menurutnya sinergi antara insan pera dengan TNI harus terus dijaga, karena keduanya saling menguatkan dan saling menjaga.

Vivi mengatakan, menjaga yang dimaksud bagi insan pers yaitu dengan fungsi kontrol sosial melalui publikasi dan pemberitaan, yang benar dan berimbang sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang baik.

“Saya berterima kasih atas undangan acara Sambung Wirasa yang diselenggarakan oleh Kodam IX/Udayana, khususnya kepada Kapendam (Kepala Penerangan Kodam IX/Udayana) yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Wakapendam. Dan saya juga ucapkan salam kenal dan selamat bertugas kepada Letkol Leo Handoko,” katanya.

Sementara itu, perwakilan dari redaksi media Bali Post, Suweca mengatakan TNI kuat berkat dukungan insan pers, begitupun sebaliknya pers kuat berkat dukungan TNI. Dan mengajak untuk terus saling menguatkan satu sama lain.

“Kalau kita sudah saling menganggap sebagai saudara, maka kita bisa saling mengkritisi dan saling memberi masukan, tanpa ada yg merasa saling tersinggung,” ujar dia.

Pada kesempatan tersebut, seyogyanya Kapendam IX/Udayana dapat hadir, namun dikarenakan harus mendamping Pangdam dalam kunjungannya ke Pulaki, maka ucapan salam dan sambutan Kapendam sekaligus disampaikan oleh Wakapendam Letkol Leo Handoko. Ans

Komentar

News Feed