oleh

Open Nasional, Event Merah Putih Touring Adventure Trail Kodim 0912 Kubar Undang Para Rider 

Kutai Barat, faktapers.id – Dalam rangka memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI kepada 2019 ini, Komando Distrik Militer (Kodim) 0912 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, akan melaksanakan Event Merah Putih Touring Adventure Trail Kodim 0912/KBR. Kegiatan itu direncanakan akan berlangsung pada 3-4 Agustus 2019, berpusat di Taman Budaya sendawar (TBS).

Sebagai persiapan perhelatan Open Nasional itu telah dilakukan rapat awal oleh Kodim 0912/KBR bersama Komunitas Trail di Kubar dan juga dinas terkait di Pemkab Kubar, Senin (24/6/19) di Makodim, Sendawar.

Dandim 0912/KBR, Letkol Inf Anang Sofyan Effendi mengatakan, dalam even itu selain sebagai olahrga adventure (Petualangan) trail dan jalur trabasan trail, akan menonjolkan seni budaya asli lokal Kabupaten Kubar.

“Para peserta (rider) adventure trail akan disuguhkan panorama alam serta pesona indah adat-istiadat dan budaya asli etnik Dayak di Kubar,” ungkapnya kepada Harian Fakta Pers dan faktapers.id, usai rapat bersama itu.

Dandim membeberkan, even tersebut didukung kuat oleh Kepala Adat Besar Kubar, Manar Dimansyah Gamas, yang mengarahkan agar even adventure trail dipusatkan di TBS. Karena hal itu dapat membantu mempromosikan seni dan budaya Kubar keluar daerah.

“Kodim 0912/KBR membantu ekspos tentang seni dan budaya asli Kubar. Para rider yang datang, akan menginap di sejumlah Lamin Adat etnik di TBS. Para rider yang sudah konfirmasi menjadi peserta yaitu dari sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Provinsi Kalsel, Kaltara, dan Kaltim sendiri, serta beberapa provinsi lainnya,” terangnya.

Salah satu Lamin Adat etnik di Taman Budaya Sendawar (TBS), telah disiapkan sebagai tempat inapan para raider yang datang dari se-antero nusantara di Kubar, Kaltim.

Anang Sofyan Effendi menuturkan, untuk rute yang akan dilintasi telah dipilih dan disiapkan khusus agar para rider bisa menikmati jalur, keindahan alam, tantangan akses jalan, namun lebih diutamakan keamanannya.

“Total pesertanya sekitar 500 rider akan menyemarakkan Event Merah Putih Touring Adventure Trail Kodim 0912/KBR.  Rutenya dari TBS akan dilepas mengelilingi sejumlah kawasan wisata alam dan budaya di Kecamatan Barong Tongkok, Sekolaq Darat, serta Linggang Bigung,” ungkapnya lagi.

Dia juga membeberkan, tujuan even itu  untuk menguatkan semangat persatuan dan kesatuan cinta NKRI. Kedatangan para rider dari sejumlah daerah di Indonesia  ke Kubar, menggambarkan kekuatan persatuan dan keberagaman dalam kebersamaan bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

“Even ini dibuka untuk umum. Selain menyalurkan hobi juga menghibur masyarakat, menghidupkan ekonomi kerakyatan. Para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), mulai dari pelaku kuliner hingga pernak-pernik asli Kubar, diharapkan turut berpartisipasi,” tandasnya.

Untuk diketahui, kepada para rider di Indonesia yang berminat mengikuti even itu, pendaftaran dibuka sejak 1 Juli 2019 di sekretariatnya, Makodim 0912/KBR di Sendawar. Even ini merangkul sejumlah komunitas trail di Kubar, Pemkab Kubar, Polres Kubar, Kejari Kubar serta Pengadilan Negeri Kubar. Iyd

Komentar

News Feed