oleh

Pembangunan dan Pelayanan Kesehatan di Pesisir Barat Kian Meningkat

Pesibar, faktapers.id – Perhatian pemerintah daerah terhadap sarana kesehatan patut diberikan apresiasi. Terbukti, selama kurang lebih empat tahun kepemimpinan Bupati Agus Istiqlal dan Erlina pengembangan pembangunan dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Pesisir Barat meningkat sangat pesat.

Hal tersebut dibuktikan dengan bertambahnya jumlah Puskesmas, yang sebelumnya sembilan saat ini sudah menjadi sebelas yang tersebar di seluruh kecamatan di Pesisir Barat.

Demikian diungkapkan Tedi Zadmiko, Plt. Kepala Dinas Kesehatan, saat memberikan laporanannya pada acara seremonial peresmian gedung baru UPT Puskesmas Rawat Inap Biha, di Kecamatan Pesisir Selatan, Jumat (28/6/19), sekira pukul 15.00 WIB. Sekaligus pembagian Kartu Indonesia Sehat (KIS) untuk masyarakat Kecamatan Pesisir Selatan dari BPJS cabang Krui.

Diungkapkan Tedi, dengan pembangunan gedung baru sejak awal kepemimpinan Bupati Agus Istiqlal dan Erlina, dari sebelas Puskesmas sudah delapan Puskesmas memiliki gedung baru, dan pada Tahun 2020 mendatang giliran Puskesmas Karya Penggawa dan Puskesmas Ngambur akan dibangun gedung baru.

“Sebelumnya dengan sarana dan prasarana yang serba minim, saat ini dengan sangat pesat mengalami peningkatan, khususnya dalam menunjang pelayanan kesehatan untuk masyarakat Pesisir Barat pada khususnya,” jelas Tedi.

Dari sebelas UPT Puskesmas terdapat lima Puskesmas rawat inap yang ada di Pesisir Barat, dengan adanya peningkatan secara pesat tersebut secara sendiri memberikan pelayanan yang lebih optimal diwilayah kerja Puskesmas masing-masing.

“Untuk Puskesmas Biha, pada tahun 2019 ini, sudah mendapatkan dan memiliki Oksigen sentral senilai Rp. 1,57 miliar yang merupakan bantuan hibah dari Provinsi Lampung yang ada satu-satunya di Pesisir Barat yang ditempatkan di Puskesmas Biha,” ungkapTedi.

Dilanjutkan Tedi, bahwa seremonial kegiatan persemian tiga Puskesmas yakni Krui, Lemong dan Biha sebenarnya tidak ada namun karena bentuk wujud syukur kami dengan dirembuk untuk sumbangan sehingga bisa menyelenggarakan peresmian tiga puskesmas pada minggu ini.

“Terakhir dalam sambutan saya bahwa dimohon doa dan dukungannya bahwa Puskesmas Biha sudah diusulkan untuk peningkatan status atau akreditasi. Bersama dibutuhkan bantuan dan dukungannya untuk mendapatkan akreditasi Puskesmas Biha ini,” tutup Tedi.

Sementara dalam sambutan Bupati Agus Istiqlal sekaligus meresmikan secara langsung gedung baru UPT Puskesmas Rawat inap Biha, didampingi Wakil Bupati Erlina yang ditandai dengan pemotongan pita dan Penandatangan prasasti Puskesmas Biha.

Dalam sambutannya beliau tidak hentinya menyampaikan pesan agar seluruh tim kesehatan yang ada agar bisa melayani masyarakat Pesisir Barat dengan sepenuh hati dan totalitas.

Utamakan pelayanan dengan memberikan tutur sapa dan senyuman sehingga masyarakat yang akan berobat merasa dilayani dengan baik. Tunjukkan keiklasan untuk mengabdi sehingga bisa terwujud masyarakat yang sehat jasmani dan rohani.

“Bersikaplah sebagai pelayan, karena kita memang pelayan masyarakat, bukan raja yang selalu meminta untuk dilayani. Jangan karena sudah memiliki jabatan, memberi senyumpun menjadi segan,” tutur Agus.

Turut hadir Kepala BPJS cabang Krui, Kepala OPD, Forkopimda Lambar-Pesisir Barat, seluruh kepala puskesmas, Kepala RSUD KH. Muhammad Thohir, Camat, Peratin dan masyarakat penerima manfaat JKN-KIS. Edi

Komentar

News Feed