oleh

Pilkam Serentak 27 Juni 2019, Polres Kubar Tambah Personel Keamanan Jadi 206

Kutai Barat, faktapers.id –Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Pemilihan Petinggi (Kepala Kampung) Serentak, telah dilaksanakan oleh Polres Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Kalimantan Timur, Selasa (25/6/19) di halaman depan Mapolres di Sendawar.

Kapolres Kubar AKBP I Putu Yuni Setiawan SIK bertindak sebagai Inspektur Upacara, mengatakan semula dipersiapkan 112 personel Polres Kubar guna mengamankan kamtibmas Pilkam 38 dari 194 kampung di 11 kecamatan dari 16 kecamatan se-Kubar pada 27 Juni 2019.

Namun mempertimbangkan kondisi geografis dan jarak masing-masing kampung dan kecamatan berjauhan, maka jumlah aparat keamanan Polres ditambah menjadi totalnya 206 personel. Yakni gabungan personel dari Mapolres dan Mapolsek setempat.

“Ada penambahan, sehingga totalnya 206 personel Polres Kubar diturunkan kelapangan.Polres juga bekerjasama dengan Kodim 0912/KBR, Satpol PP,  Dinas Perhubungan, Linmas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK), serta Pemkab Kubar,” bebernya.

Dipaparkan AKBP I Putu YS, penambahan personel tersebut setelah melihat kondisi bahwa ada diantara kampung yang  mengikuti Pilkam tersebut jumlah penduduknya banyak. Sehingga harus dibuat dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di kampung tersebut.

“Personel Polres diturun kelapangan sejak 24 Juni 2019 mengawal logistik Pilkam dari kabupaten ke kecamatan,” ungkapnya.

Kapolres berharap seluruh masyarakat dan juga masing-masing para pendukung calon petinggi yang mengikuti Pilkam Serentak dapat bersama menjaga kamtibmas.

“Azas langsung, umum, bebas, dan rahasia, wajib dilaksanakan dalam Pilkam Serentak ini. Jaga kondusifitas kamtibmas, para Kapolsek agar terus berkoordinasi dengan Polres Kubar,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPMK Kubar, Faustinus Syaidirahman mengungkapkan bahwa Pilkam Serentak 2019 merupakan periode ke-3 yang dilaksanakan oleh Kubar. Dilaksanakan di 39 dari 194 kampung dan kelurahan  di 11 kecamatan dari 16 kecamatan se-Kubar pada 27 Juni 2019.

“Dari 39 kampung itu, 1 kampung di Kecamatan Bentian Besar ditunda pilkadesnya. Sehingga yang mengikuti pilkades hanya 38 kampung,” ucapnya.

Faustinus menambahkan, 11 kecamatan yang sejumlah kampungnya mengikuti Pilkam Serentak 2019 yakni Bongan, Jempang, Penyinggahan, Siluq Ngurai, Mook Manar Bulatn, Muara Pahu, Muara Lawa, Damai, Bentian Besar, Tering, dan Long Iram.

“Kampung Tende di Kecamatan Bentian Besar ditunda Pilkamnya. Karena hingga akhir masa penjaringan, para bakal calon kades tidak bisa memenuhi persyaratan,” ujarnya.

“Logistik sudah didistribusikan sejak 24 Juni, telah tiba ke kecamatan terkait pada 25 Juni. Ada 42 TPS di 38 kampung dalam Pilkam Serentak ini. Hasilnya pada 27 Juni, petinggi terpilih akan dilantik pada Oktober 2019 oleh Bupati Kubar FX Yapan SH,” pungkasnya.

Hadir pula dalam Apel Gelar Pasukan itu Komandan Kodim 0912 Kubar Letkol Inf Anang Sofyan Effendi, Kepala Satpol PP Kubar, serta sejumlah kepala instansi terkait. Iyd

Komentar

News Feed