Kamis, April 15, 2021
BerandaPolisi Tangkap Kapal Pengangkut BBM Ilegal 3.000 Liter di Papua
Array

Polisi Tangkap Kapal Pengangkut BBM Ilegal 3.000 Liter di Papua

Jakarta, faktapers.id – Personel Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Papua Barat kembali menangkap satu kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis solar yang diduga ilegal di Kabupaten Teluk Bintuni, Rabu (26/6/19) pukul 18.30 WIT.

Kapal bernama KM Jolor tersebut mengangkut BBM jenis solar sebanyak 3.000 liter di drum dan jerigen. Namun, pengangkutannya tidak dilengkapi dokumen terkait asal usul BBM dimaksud.

“Kapal ini diduga melanggar Pasal 53 huruf 53 huruf b dan d jo 23 Ayat (2) huruf d jo Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 tentang Migas jo Pasal 55 KUHP,” ujar Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Y Krey saat dikonfirmasi, Kamis (27/6/19) siang.

Mathias mengatakan, hasil interogasi nakhoda kapal, Mustamin, BBM tersebut berasal dari 5 unit boat milik LNG Tangguh, yang dibeli di seputaran muara Bintuni.

“Jadi, keterangan saksi masih ada 2 unit boat LNG Tangguh yang ada di luar untuk menampung BBM tersebut,” ungkap Mathias.

Mathias menjelaskan, BBM solar ini dibeli dengan harga Rp 5.000/liter dan akan dibawa ke Kota Bintuni untuk dijual lagi kepada haji Siga dengan harga Rp 6.000/liter.

Barang bukti yang diamankan 1 unit kapal johor, 6 drum warna biru berisi minyak solar dengan kapasitas 200 liter, 70 jeriken berisi minyak solar dengan kapasitas 35 liter/jerigen.

“Setelah melengkapi administrasi lidik dan sidik, selanjutnya kasus ini akan dilimpahkan ke Satreskrim Polres Bintuni untuk ditindaklanjuti,” pungkas dia. fp01 (Kompas)

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments