oleh

Polres Bangli Ikuti Upacara Militer Persemayaman dan Perabuan Jenasah Istri Pahlawan Nasional

Bali, faktapers.id – Sabtu tanggal 22 Juni 2019 mulai pukul 10.00 s/d 13.30 Wita bertempat di rumah duka Puri Kilian, Lingk/Kelurahan Kawan dan di kuburan/setra Adat Slaungan Banjar Pande Kelurahan Cempaga, Kec/Kab. Bangli telah berlangsung giat upacara persemayaman dalam rangka perabuan jenazah secara Militer yang dilanjutkan dengan upacara Ngaben terhadap jenasah Alm. JRO PASEK JEMPIRING vetran pejuang Pemerdekaan Republik Indonesia yang meninggal dunia pada hari Selasa tanggal 28 Mei 2019 (karena sakit) istri dari pahlawan nasional Bali kapten TNI A.A GDE ANOM MUDITA.

Hadir dalam giat Wakil gubernur Bali Tjokorda Oka Ardana Sukawati, Bupati Bangli I Made Gianyar, Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Artha, Kapolres Bangli AKBP Agus Tri Waluyo, S.IK.MH, Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andi Pranoto, MSC, Pejabat utama polres Bangli dan kodim 1626/Bangli, Para Perwira Staf polres Bangli dan Kodim 1626/Bangli, Anggota LVRI Kab. Bangli, Anggota Kodim 1626/Bangli, Anggota Minved Cad Bangli dan Anggota Polres Bangli serta Anggota Keluarga, Kerabat, Toga, Todat, Tomas dan masyarakat yang hadir berjumlah kurang lebih 500 (lima ratus) orang.

Rangkaian kegiatan Pada pukul 10.15 s.d 11.00 Wita pelaksanaan rangkaian upacara Ngaben/upacara adat secara agama Hindu dirumah duka Puri Kilian, Lingk/Kel. Kawan Kec/Kab. Bangli, kemudian dilanjutkan dengan upacara secara militer penyerahan jenasah dari pihak keluarga kepada inspektur upacara yang pada kesempatan Upacara meliter tersebut dipimpin oleh Dandim 1626 Bangli.

Dilanjutkan dengan penghormatan dan pemberangkatan kepada jenazah Alm. JRO PASEK JEMPIRING dari rumah duka menuju Kuburun/Setra Adat Slaungan Br. Pande Kel. Cempaga Kec/Kab. Bangli, Pada saat keberangkatan Jenasah dari rumah duka Kapolres Bangli bersama Dandin dan beberapa pejabat polres dan kodim turut menyandang ( mengusung) Bade menuju setra/Kuburan

Upacara perabuan secara Militer terhadap jenasah Alm. JRO PASEK JEMPIRING di Kuburan / setra Adat Slaungan Br. Pande Kel. Cempaga Kec/Kab. Bangli, diawali dengan Laporan Komandan upacara, Pembacaan riwayat hidup singkat Alm. JRO PASEK JEMPIRING, dilanjutkan apel persada oleh inspektur upacara dan Penghormatan kepada jenazah Alm. JRO PASEK JEMPIRING dipimpin oleh Komandan upacara disertai dengan tembakan salvo.

Sambutan Komandan Kodim 1626/Bangli, yang pada intinya. “ Upacara militer pemakaman Jenazah Alm. JRO PASEK JEMPIRING dilaksanakan sebagai wujud penghormatan dan penghargaan pemerintah dan negara atas jasa, dharma bhakti dan pengabdian almarhum kepada bangsa dan negara semasa hidupnya, “ Kata Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andi Pranoto.

“Atas nama pribadi dan seluruh peserta upacara mengucapkan turut berbela sungkawa yang sedalam-dalamya atas meninggalnya Alm. JRO PASEK JEMPIRING Selanjutnya bagi keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan Ikhlas menerimanya, serta apabila semasa hidup almarhum ada kesalahan baik sengaja maupun tidak disengaja dan kekhilafan mohon agar dimaafkan,” imbuhnya.

Sambutan dari pihak keluarga Alm. JRO PASEK JEMPIRING, yang pada intinya menyampaikan ucapan.

“Terima kasih kepada kodim 1626/Bangli dan polres Bangli serta seluruh perserta upacara persemayaman dan perabuan jenazah almarhum. Apabila ada kesalahan baik yang disengaja yang dilakukan selama hidupnya agar berkenan kiranya untuk dimaafkan,” ucapnya.

Dihubungi dilokasi Kapolres Bangli Akbp Agus Tri Waluyo, S.I.K.,M.H. menyampaikan.

“Kegiatan Upacara Persemayamaan dan perabuan jenazah Alm. JRO PASEK JEMPIRING vetran pejuang Pemerdekaan Republik Indonesia dan juga Istri dari Pahlawan Nasional Kapten A.A Gede Anom Mudita, untuk memberikan penghormatan terakhir mengingat semasa hidupnya almarhum telah berjasa ikut berjuang merebut kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, pungkas Kapolres Bangli. Ans

Komentar

News Feed