oleh

Resmi Kepengurusan STB Mahulu Dikukuhkan

Mahakam Ulu, faktapers.id – Kepengurusan Paguyuban Sempekat Tonyooi Benuaq (STB) Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kalimantan Timur, periode 2019-2024 telah resmi berdiri. Sebagai pemegang mandat menyusun kepengurusan STB Mahulu, Solman S.Hut MSi sekaligus terpilih menjadi Ketua Umum STB Kabupaten Mahulu.

Sebelum seremonial acara pengukuhan dan pelantikan, dilaksanakan Ibadah Bersama Umat Kristiani, yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum STB Kaltim Hengky SH dan Sekretaris Umum STB Kaltim Driyono L Edward, di Lamin Adat Kampung Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, Kamis (20/6/19) malam.

Ketua Umum STB Kaltim Hengky SH, sebelum melantik dan mengukuhkan kepengurusan STB Mahulu itu dalam sambutannya menjelaskan, bahwa Paguyuban STB lahir dan berdiri sejak tahun 1977 di Kota Samarinda.

“Kala itu atas mufakat yang disebut dengan ‘Sempekat’ oleh dua tokoh Dayak Tunjung-Benuaq bersama warga STB lainnya di Samarinda,” katanya.

“STB bukan ormas atau organisasi politik, STB adalah paguyuban. Saya ucapkan selamat atas berdirinya Kepengurusan STB Mahulu. Terima kasih kepada Pemkab Mahulu, serta seluruh masyarakat Mahulu yang telah menerima dan memberi ruang bagi STB untuk berperan serta dalam pembangunan Mahulu,” beber Hengky.

Hengky berharap kepengurusan STB Mahulu menjadi wadah bagi warga STB yang ada di Mahulu dalam berkarya bersama semua pihak dan masyarakat membangun daerah itu, dengan menguatkan sempekat.

“Dukung jalannya pemerintahan. Pengurus STB Mahulu yang baru dilantik segera menyusun program, terutama bidang seni budaya. Jaga kondusifitas kamtibmas, kuatkan silaturahmi. Kepada Bapak Bupati dan Wabup Mahulu, saya titip warga STB di Mahulu, jangan sungkan beri nasihat dan saran,” tandasnya.

Pemkab Mahulu mengucapkan selamat atas terbentuknya Paguyuban STB di Mahulu. Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh SH dalam sambutannya mengajak seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) bersatu membangun Mahulu untuk semua.

“Mari bersama membangun mahulu agar enak ditempati dan bisa menghidupi kita semua. Keberhasilan pembangunan Mahulu butuh kontribusi semua pihak, termasuk STB,” ucapnya.

Bupati menyebut, sebuah organisasi dibentuk dengan tujuan agar anggotanya sejahtera. Untuk itu, menurutnya, agar semua lapisan masyarakat di Mahulu bersama membangun daerah itu.

Kata Bupati, ada istilah dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung. Modal membangun daerah adalah keamanan dan kedamaian.

“Pelihara kondusifitas kamtibmas. Terima kasih kepada saudara kami STB yang turut berkontribusi dalam pembangunan Mahulu. Mari kita ciptakan kebersamaan dan kekeluargaan,” pungkasnya.

Ketua STB Mahulu terpilih periode 2019-2024, Solman SHut MSi, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab dan seluruh lapisan masyarakat serta para tokoh adat di Mahulu yang telah memberikan kesempatan untuk terbentuknya Kepengurusan STB Mahulu. Menurutnya, STB Mahulu siap berkontribusi, berkarya, bersama masyarakat Mahulu.

“Saya berharap seluruh warga STB di Mahulu, agar bisa berkontribusi dalam pembangunan dan menjalin kebersamaan dengan seluruh lapisan masyarakat. Kami juga memohon arahan dan dukungan Pemkab dan semua pihak,” urai Solman yang juga Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Mahulu.

Solman meminta warga STB di Mahulu agar menjunjung tinggi toleransi, adat istiadat, menguatkan kebersamaan dan kekeluargaan, menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta menjaga konudisifitas kamtibmas, termasuk menghargai adat dan budaya.

“Paguyuban STB berlandaskan Pancasila dan UUD 1945, berazas sempekat dan gotong-royong. Saat ini ada sekitar 400 warga STB di Mahulu yang sudah terdaftar. Namun untuk 5 kecamatan se-Mahulu mencapai ribuan warga STB yang belum terdaftar,” pupusnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Acara, Royen mengatakan bahwa pelantikan Kepengurusan STB Mahulu seyogyanya dilaksanakan pada 29 April 2019. Tetapi bertepatan dengan bulan Ramdan, sehingga baru bisa dilaksanakan pada Kamis 20 Juni 2019.

“Suksesnya acara pelantikan dan pengukuhan ini berkat kerjasama Sempekat Sempawat. Terima kasih kepada semua pihak, warga STB di Mahulu baik pegawai maupun lainnya, atas sumbangan yang telah diberikan. Begitu pula kepada Pemkab Mahulu dan seluruh lapisan masyarakat Mahulu,” tandasnya.

Hadir pula dalam kesempatan itu Wakil Bupati Mahulu Drs Yohanes Juan Jenau, Asisten II Sekkab Mahulu, E. Tek Hen Yohanes,S.Pd., Kapolsek Long Bagun Iptu Purwanto, Danramil Long Bagun Kapten Inf Sully Hartoyo, para kepala OPD dilingkup Pemkab Mahulu, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta tokoh adat. iyd

Komentar

News Feed